Dishub Periksa Kelengkapan Muatan Truk dan Angko t

Wednesday, June 17, 2009

RENGASDENGKLOK, RAKA - Dinas Perhububungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang dibantu anggota Polsek Rengasdengklok menggelar operasi penertiban perijinan angkutan umum dan persyaratan teknis laik jalan angkutan umum, Selasa (16/6) di terminal Rengasdengklok.
Rencananya operasi itu dilaksanakan selama tiga hari sejak kemarin. Setiap angkutan umum dan angkutan muatan lainnya digiring masuk ke dalam terminal untuk pemeriksaan muatan. Seperti dikatakan Plt. Kepela Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang, H Miftah Zaini, oprasi ini digelar untuk pengawasan dan penertiban kelengkapan dan perlengkapan angkutan bermuatan, terutama untuk angkutan umum.
 
Sedangkan untuk angkutan bermuatan dilakukan pengawasan isi muatan.
Pengawasan dilakukan terhadap surat-surat kelengkapan kendaraan angkutan seperti ijin trayek, SIPA (Surat Ijin Perusahan Angkutan) STNK dan BPKB. Sementara itu, jika ada diantara kelengkapan kendaraan yang bermasalah, akan dilakukan tilang dan akan dikaji kembali dengan melakukan pembinaan terlebih dahulu. Namun p;ihaknya akan tetap ajukan hal itu ke pengadilan sebagai hukuman pelanggaran. "Hal ini untuk membawa efek jera terhadap masyarakat pengusaha angkutan yang tidak melengkapi ijin jalan," katanya.
Selain itu, operasi tersebut dilakukan untuk pengawasan perlengkapan angkutan seperti spion, ban serep, lampu lampu kendaraan, jika ada diantara mobil angkutan yang perlengkapannya masih bermasalah, maka pihaknya akan melakukan pembinaan secara langsung ditempat. "Kami tahan mobil angkutan tersebut, agar bisa langsung dilengkapi kendaraannya," katanya.
 
Dijelaskannya, dengan operasi tersebut para pengusaha angkutan umum atau angkutan muatan bisa selalu tertib untuk pembayaran trayek dan bisa meminimalaisir pelanggaran mengenai surat-surat administrasi seperti perlengkapan dan kelengkapan kendaraan. Sebelumnya, Dishub telah menggelar operasi yang sama di beberapa daerah se-Kabupaten Karawang. Dia berharap, para pengusaha angkutan untuk bisa melengkapi kelengkapan angkutan, sebelum habis masa berlaku. (sigit)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan