Bupati Tidak Sanggup Tangani Abrasi

Tuesday, October 27, 2009

BeritaKarawang.com - Bupati Karawang Drs. Dadang S. Muchtar mengaku tidak sanggup menangani abrasi dari APBD II Karawang, mengingat garis pantai di Karawang sangat panjang.
 
Bupati menyebut-nyebut dana Rp 5 miliar dari APBD II Karawang tidak akan cukup menangani persoalan abrasi di beberapa kecamatan pesisir pantai Karawang. "Garis pantai di Karawang ini panjang dengan dana APBD Rp 5 miliar, tidak akan cukup," ujarnya, Selasa (27/10/2009) siang.
 
Di tempat sama, Ketua TPK (Tambak Pandu Karawang), Made Suita menjelaskan, persoalan abrasi di Karawang sudah didiskusikan di Batam, rencananya tahun 2009 ini akan dilaksanakan penurapan dan membangun pemecah gelombang oleh BBWS (Badan Besar Wilayah Sungai Citarum). "Mudah-mudahan tahun 2010 selesai dan 2011 aman dari abrasi," ucapnya.
 
Kata Made, APBD II Karawang memang tidak akan sanggup menangani abrasi, harus didukung APBD I provinsi dan APBN, karena dana untuk penanganan abrasi bisa menghabiskan triliunan rupiah. Dijelaskan Made, penanganan abrasi tidak hanya tugas pemerintah, tapi harus memberdayakan masyarakat setempat supaya mau menjaga pesisir pantai di wilayahnya masing-masing.
 
 
Sementara itu, masyarakat yang bermukim di pesisir pantai Tirtajaya hingga kini pasrah dengan kondisi alam yang semakin mengganas, sedangkan di pesisir Kecamatan Cibuaya dan Cilebar abrasi sudah membuat masyarakat cemas, dikhawatirkan hanya dalam hitungan bulan pemukiman mereka tergerus.
 
Camat Tirtajaya Drs. H. Wawan Setiawan mengatakan, jangan sampai penanganan abrasi hanya membuang dana pemerintah hingga miliaran rupiah. Kata dia, masih banyak prioritas pembangunan lain dibanding membangun penahan abrasi di pesisir pantai yang sudah rusak. "Bukan berarti tidak ditangani, tapi ketika ada program Perhutani ada baiknya dialihkan untuk reboisasi hutan bakau," ujarnya. (*)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan