Paru-paru Karawang Diekploitasi

Wednesday, October 28, 2009

BeritaKarawang.com - Paru-paru Karawang di Kecamatan Tegalwaru habis dieklpoitasi PT Atlasindo selama bertahun-tahun, seandainya hal ini dibiarkan, maka daerah hijau Karawang akan musnah.
 
Demikian kata warga setempat yang langsung menyalurkan aspirasinya di hadapan beberapa anggota DPRD Karawang disela aksi demo mereka, Rabu (28/10/2009). Warga ini mengungkapkan pahitnya keseharian mereka selama PT Atlasindo berdiri di daerahnya.
 
Diungkapkan beberapa perwakilan masyarakat Tegalwaru yang dialog langsung dengan anggota DPRD, Tegalwaru merupakan daerah konservasi yang harus dilindungi, warga juga mempertanyakan lembaga lingkungan hidup yang tidak hidup, keberadaan lembaga itu mandul dan tidak bisa mengatasi persoalan lingkungan, seperti pencemaran sungai dan ekploitasi lingkungan di Tegalwaru. Warga juga mempertanyakan soal Amdal PT. Atlasindo yang berdiri di tengah lingkungan mereka di Tegalwaru.
 
"Naif jika Karawang mementingkan industri tapi malah mengesampingkan lingkungan. Lalu sampai dimana industri bisa menghidupi masyarakat Kabupaten Karawang, karena memang sejak lama Karawang biasa hidup dengan daerah agraris (bukan industri, red)," ucapnya.
 
Kata warga, pemerintah merespon yang dialami masyarakat hanya ketika terjadi demontrasi menuntut pemerintah untuk melakukan tindakan tegas. "PT Atlasindo harus ditutup, ini harga mati," tegasnya.
 
Warga juga meragukan Amdal yang kemungkinan bisa dipalsukan perusahaan tersebut, jika diketahui palsu maka perusahaan itu bisa dituntut ke pengadilan. Sementara, dalam ijin perusahaan ada peraturan-peraturan pemerintah yang seyogyanya lebih mementingkan kelestarian lingkungan. Warga teriak, seolah pemerintah hanya mementingkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) sebesar-besarnya tanpa melihat kerusakan alam.
 
"Seolah, kita mempertahankan pertanian sama saja mempertahankan kemiskinan, saya harap pemikir-pemikir Karawang tidak menjadikan Karawang diubah total jadi daerah industri," ucapnya.
 
 
Aksi demo ke gedung DPRD Karawang ini dilakukan warga Desa Ciptawargi, Kuta Langgeng, Cinta Langgeng Kecamatan Tegalwaru, juga para aktivis dari Serikat Petani Karawang, GMNI, OKP Kopas Korap, OKP Pita Merah, Organisasi Lingkungan Hidup E V W dan Mapalaska Unsika. (*)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan