Ketinggian Air Laut Pasang Bertambah

Tuesday, November 10, 2009

BeritaKarawang.com - Tak seperti bisanya, ketinggian air laut pasang bertambah, imbasnya puluhan rumah di Dusun Sarakan, Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya tergenang pekan lalu. Meski tidak terlalu membanjiri pemukiman, genangan air setapak kaki itu sempat membuat warga cemas.
 
Pemukiman yang biasa kering jadi becek dan berlumpur, terlebih ratusan area tambak setempat terendam banjir, hanya ada beberapa pematang tambak yang masih tampak di atas genangan air tersebut. Kejadian ini hanya berlangsung sekitar dua hari.
 
Diketahui, beberapa tahun lalu, air laut pasang sudah menghancurkan pemukiman di pesisir pantai, akibat terjangan ombak besar, akhirnya 82 KK yang mayoritas nelayan mengungsi sejauh 1000 meter ke lahan baru, diantaranya lahan relokasi yang sengaja dibangun untuk warga tersebut seluas 1,5 hektar.
 
Lahan relokasi seluas 1,5 hektar itu sekarang sudah jadi tempat tinggal bagi masyarakat setempat. Dengan kejadian ini, warga merasakan air laut pasang menjadi ancaman. Diperkirakan, beberapa tahun kemudian air ketinggin air laur pasang semakin bertambah.
 
 
"Air laut pasang memang tinggi dan diluar kebiasaan, sehingga menggenangi lahan Pertamina tempat warga bermukim," kata Camat Tirtajaya, Drs. H. Wawan Setiawan, S, NK, MM, Selasa (10/11/2009) siang. (*)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan