Chikungunya Masih Mewabah di Jayakerta

Thursday, May 20, 2010

 
BeritaKarawang.com - Chikungunya masih mewabah di Desa Medang Asem, Kecamatan Jayakerta, setelah menyerang 25 warga pada 8 Mei 2010 lalu, hingga kini korban chikungunya masih berjatuhan dan mendapat perawatan seius di Puskesmas Medang Asem.
 
Sebelumnya, 25 warga yang terserang penyakit ini tinggal di satu lingkungan permukiman yaitu di RT 10 RW 4. Penderita ini merasakan merasakan panas dingin, kesemutan dan ngilu-ngilu di seluruh persendian tubuhnya.
 
 
Akibat Nyamuk
Dijelaskannya, penyakit chikungunya diakibatkan oleh golongan alvirus (virus chikungunya) yang ditularkan oleh nyamuk demam berdarah. Gejala penyakit ini sama dengan gejala demam berdarah, hanya virus yang menularkannya berbeda. Penyakit ini bisa diobati dan tidak sampai mematikan asalkan penderitanya cepat ditolong.
 
Cara pencegahan penyakit ini sama dengan pencegahan penyakit demam berdarah, yakni membersihkan lingkungan perumahan dari kemungkinan bersarangnya jentik-jentik nyamuk malaria, melakukan abatisasi, serta penyemprotan dengan bahan kimia untuk memberantas nyamuk penyebar virus chikungunya. (**)
 

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan