Harga Padi Anjlok Akibat Hujan dan Hama

Sunday, July 11, 2010

 
BeritaKarawang.com - Hujan yang terus mengguyur wilayah Karawang menyebabkan harga jual padi di Kelurahan Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat anjlok Rp 2.900 hingga Rp 3.000 per kilo gram dari harga sebelumnya Rp 3.200 per kilo gram. Selain harga, produksi padi pun merosot 1 hingga 2 ton tiap hektar akibat serangan hama.
 
 
Sebelumnya, petani di Kelurahan ini memproduksi padi 6 hingga 7 ton per hektar, tetapi pada musim ini, tiap hektar sawah hanya berhasil menuai padi 5 ton per hektar. Dan padi yang basah menjadi penyebab harga anjlok.
 
 
Sebelum dijual, beberapa petani menjemur padi basah mereka dengan harapan harganya bisa tinggi meski perolehan harga jual kisaran Rp 100 per kilo gram. Namun ada juga yang langsung menjual padi basah meski harus merugi.
 
 
Panen padi bersamaan dengan sering turunnya hujan ini sangat merugikan petani. Hujan pun menyebabkan hama tumbuh dengan subur dan mempengaruhi pertumbuhan padi yang akan panen. (*)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan