Indosat Hadirkan Karya Terbaik IWIC 2009

Monday, November 23, 2009

 
BeritaKarawang.com - Indosat kembali menghadirkan inovasi-inovasinya di HUT yang ke-42, yaitu karya terbaik dari kompetisi IWIC 2009 dan layanan Dompetku yang kini hadir dengan berbagai inovasi baru, Jumat (19/11/2009).
 
 
Ajang IWIC 2009 yang telah memasuki babak final, telah berhasil menghadirkan karya inovatif bernama CLIG, karya Sandy Marly Colondam dari Jakarta sebagai karya terbaik untuk sub-kategori Business & Commerce CLIG merupakan singkatan dari Cell ID Getter, adalah API (Application Protocol Interface) yang dapat menambahkan fitur Location Based Service ke semua Mobile WEB dengan integrasi yang sangat mudah, sehingga, contohnya: user dapat mengetahui letak stasiun bus terdekat tanpa menggunakan GPS.
 

Selain itu, beberapa karya lain juga keluar menjadi karya terbaik untuk beberapa sub kategori antara lain BukuQ karya Fajar Endra Nusa untuk sub-kategori Social Networking, Role Playing Game karya Indah Palupi Damayanti untuk sub-kategori Learning & Education, UltraPort karya Andry untuk sub kategori Android Based Application
 
 
Khusus untuk sub kategori terbaru yaitu Android Based Application, 2 hasil karya pemenangnya telah dikirim ke ajang Pengembangan Program Aplikasi Android oleh Conexus Mobile Alliance yang diadakan di Grand Ballroom, Harbour Plaza Hong Kong pada tanggal 17 November 2009 lalu.
 
 
Karya ini merupakan 2 dari 13 finalis yang terpilih dari seluruh Asia Pasifik yang akan dipamerkan dalam konferensi pers dan event bertaraf internasional tersebut. Conexus Mobile Alliance adalah salah satu aliansi ponsel terbesar di Asia yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan roaming internasional dan layanan mobile bagi para pelanggan dari perusahaan anggota aliansi ini, termasuk Indosat (Indonesia).
 
 
Dewan juri yang berasal dari berbagai kalangan seperti tim dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Prof Suhono Haryosupangkat (Guru Besar Teknologi Informasi ITB), AW Subarkah (wartawan senior Kompas), Pamungkas Tris Hadiatmoko (vendor telekomunikasi) serta Tim Business Development Indosat dan Tim Gaming & Content Indosat akhirnya memutuskan 21 karya dari para finalis sebagai pemenang dari hampir 300 karya yang masuk untuk 2 kategori dan 4 sub kategori yang dikompetisikan, termasuk sub-kategori terbaru yaitu Android based Application.
 
 
Adapun hasil lengkap untuk seluruh pemenang IWIC 2009 adalah sebagai berikut :
 
 
I. Kategori Mobile Wireless Application (MWA):
 
 
a. Business and Commerce
Pemenang 1 : Sandy Marly Colondam / Jakarta
Konsep : CLIG
Pemenang 2 : Aditya Rizkiadi Chernadi / Bandung
Konsep : e Toll Payment
Pemenang 3 : Farian Hadi Saputra / Malang
Konsep : MiDlet
Pemenang 4 : Arie Wahyuningtyas / Mojokerto
Konsep : Tasyik
 
 
b. Social Networking
Pemenang 1 : Fajar Endra Nusa / Bali
Konsep : BukuQ
Pemenang 2 : Rudy Wijanarko / Jakarta
Konsep : Wishbox
Pemenang 3 : Lukman Hadi / Bandung
Konsep : Community Messanger
Pemenang 4 : Rizki Yulianto / Jakarta
Konsep : Pingberry
 
 
c. Learning & Education
Pemenang 1 : Indah Palupi Damayanti / Malang
Konsep : Role Playing Game
Pemenang 2 : M. Fatkhul Amin / Jakarta
Konsep : iSemesta
Pemenang 3 : Supadi / Lampung
Konsep : Aplikasi Potensi Budaya
Pemenang 4 : Rizky Syaiful / Depok
Konsep : Realtime Teaching Evaluator
 
d. Android-Based Application
Pemenang 1 : Andry / Bandung
Konsep : Ultraport
Pemenang 2 : Yoga Aribowo / Depok
Konsep : Pocketorder
Pemenang 3 : Muhammad Rayhan / Bandung
Konsep : Visit Indonesia 2.0
Pemenang 4 : Ahmy Zurlizka / Bandung
Konsep : Amboja
 
 
 
II. Kategori Research and Development for wireless technology
 
 
Magister Teknik Elektro ITB, Bidang Khusus TI, konsep : Actual mobile guide application for tourist berbasis image recognition dan content based image retrievel
 
 
Fakultas Teknis Industri ITB, konsep : Sistem monitoring pembangkit dan penggunaan listrik berbasis web & nirkabel
 
 
UIN Syarih Hidayatullah Fakultas Sains & Teknologi, konsep : Centralized wireless authentication infrastructure
 
 
Universitas Negeri Malang Fak Teknik Jurusan Teknik Elektro, konsep : Aplikasi wireless sensor network dengan link 3G pada sistem telemonitoring pasien jantung kritis di ambulance
 
 
Lembaga Penelitian & Pengembangan Institur Teknologi Harapan Bangsa, konsep : Remote monitoring sistem berbasis jaringan GPRS
 
 
Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 2009 sendiri merupakan sebuah kompetisi INOVASI yang diselenggarakan Indosat di bidang teknologi Wireless sebagai wujud komitmen untuk terus memberikan layanan dan manfaat lebih kepada masyarakat di usianya yang ke-42 tahun di bidang pendidikan melalui program INDONESIA BELAJAR.
 
 
"Sebagai perusahaan telekomunikasi yang terus berinvasi, kami memandang bahwa pondasi masa depan bangsa berada di tangan generasi yang cerdas dan menguasai berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi. Indosat mendukung perwujudannya dengan memberi wadah inovasi bagi generasi muda di bidang wireless. Sejak tahun 2006 IWIC hadir untuk masyarakat dan menjadi bagian dari program tanggung jawab perusahaan (CSR) dalam bidang pendidikan melalui payung INDONESIA BELAJAR," demikian disampaikan Guntur Siboro, Chief Marketing Officer Indosat usai menyerahkan hadiah pada grand final IWIC 2009.
 
 
Di ajang IWIC tahunini, Indosat memberikan berbagai apresiasi bagi karya inovatif ini, yaitu hadiah total ratusan juta rupiah beserta perangkat gadget paling mutakhir untuk kategori Mobile Wireless Application. Sedangkan bagi para pemenang Research and Development in Wireless Technology akan mendapatkan Dana Riset senilai total 500 juta rupiah.
 
 
Sementara itu dalam kesempatan yang sama juga diluncurkan kembali fitur baru layanan Dompetku dengan berbagai inovasi yang semakin memudahkan pelanggan dalam memanfaatkan layanan ini.
 
 
Dompetku adalah suatu layanan commerce yang memungkinkan pelanggannya untuk melakukan pembayaran, pembelian, pemindahan uang melalui mobile phone yang dimilikinya dengan menggunakan account yang telah didaftarkan. Account disini adalah no MSISDN yang didaftarkan
 
 
Inovasi terbaru Dompetku antara lain transaksi pembelian saat ini tidak lagi dengan menggunakan sms, namun dengan cara yang lebih mudah disertai teknologi yang handal (host 2 host) sehingga pelanggan cukup menggunakan token (kode pembayaran untuk pembelanjaan di merchant) untuk melakukan transaksi pembelian. Pembelian saat ini tidak hanya terbatas pada Alfamart 24 jam, namun seluruh toko Alfamart (bukan Alfa Midi) di area Jabotabek.
 
 
Inovasi lainnya adalah untuk melakukan isi ulang voucher atau cash in, yang semula hanya bisa dilakukan di Galeri Indosat, kini bisa dilakukan melalui jaringan ATM Bank Permata, yang merupakan salah satu Bank yang terhubung hampir ke seluruh Bank yang ada di Indonesia. Cash in juga bisa dilakukan melalui Bank Jaringan Bersama ALTO Prima dan juga di Alfamart (merchant).
 
 
Layanan Dompetku ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan seluler Indosat, baik Matrix, IM3 maupun Mentari dengan mudah, murah, aman dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama dalam cakupan GSM.
 
 
Registrasi cukup mudah karena cukup melalui telepon seluler ke nomor 789. Transaksi keuangan baik pembelian maupun pembayaran tagihan dan pengisian pulsa dapat dilakukan semudah mengirim SMS dan pelanggan akan menerima SMS jawaban sebagai bukti transaksi.
 
 
Keamanan transaksi dengan Dompetku juga sangat terjamin karena layanan ini dilengkapi dengan sistem perlindungan maksimal. Pelanggan pilih sendiri, setiap transaksi yang pelanggan lakukan juga akan di-encrypt (diacak) untuk menjamin keamanan transaksi pelanggan tersebut. (*)

Grand Final 4th IWIC 2009

Guntur S. Siboro, Chief Marketing Officer Indosat bersama para pemenang 4th IWIC 2009 di hard Rock cafe, Jakarta (19/11/2009).
 
 
BeritaKarawang.com - Grand Final 4th IWIC 2009 yang telah memasuki babak final, telah berhasil menghadirkan 21 karya inovatif dari para finalis. Karya Sandy Marly Colondam dari Jakarta sebagai karya terbaik untuk sub-kategori Business & Commerce.
 
 
Sedangkan BukuQ karya Fajar Endra Nusa untuk sub-kategori Social Networking, Role Playing Game karya Indah Palupi Damayanti untuk sub-kategori Learning & Education serta UltraPort karya Andry untuk sub kategori Android Based Application.
 
 
Untuk kategori Research and development, pemenangnya adalah Magister Teknik Elektro ITB - Bidang Khusus TI, Fakultas Teknis Industri ITB, UIN Syarih Hidayatullah Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Negeri Malang Fak Teknik Jurusan Teknik Elektro, serta Lembaga Penelitian & Pengembangan Institur Teknologi Harapan Bangsa. (*)

Indosat Komitmen Terus Berinovasi dan Berikan Solusi Pada Publik

 
BeritaKarawang.com - Memasuki usia yang ke-42 tahun, PT Indosat Tbk (Indosat) terus berupaya hadir melayani masyarakat dengan lebih baik lagi, melalui berbagai inovasi baik untuk produk, fitur, program maupun layanan lainnya yang semakin memahami kebutuhan segmen pelanggannya dan memberikan solusi terbaik.
 
 
Dengan tema ulang tahun ke-42 'Terus Berinovasi, Jumat (20/11/2009) kemarin, Indosat berupaya terus menghadirkan berbagai ragam inovasi selama 42 tahun untuk melayani masyarakat Indonesia.
 
 
Khusus di hari ulang tahun ke-42 ini, serangkaian inovasi juga dihadirkan, antara lain peresmian Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jakabare dan Satelit PALAPA-D sebagai sebuah inovasi untuk memperluas dan memperbesar sistem transmisi backbone telekomunikasi.
 
 
Peluncuran layanan Dompetku dengan berbagai inovasi fitur baru yang semakin memudahkan transaksi belanja pelanggan serta grand final Indosat Wireless Innovations Contest (IWIC) 2009 sebagai kompetisi inovasi teknologi wireless bagi generasi muda.
 
 
Dijelaskan President Director & CEO Indosat, Harry Sasongko, selama 42 tahun Indosat selalu berupaya menggali inovasi dan meningkatkan kualitas layanan sebagai salah satu cara kami untuk memberikan solusi telekomunikasi bagi masyarakat di seluruh Indonesia.
 
 
"Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan masyarakat dan pelanggan kepada Indosat selama ini. Ke depan, kami akan berkomitmen untuk terus menyediakan layanan telekomunikasi terlengkap yang berkualitas dengan berbagai inovasi kepada pelanggan dan masyarakat," ucapnya.
 
 
Semangat berinovasi telah menjadi budaya perusahaan dan menjadi nilai-nilai yang menyatu dengan seluruh karyawan Indosat. Sejak pertama didirikan 42 tahun lalu, berbagai dinamika dan inovasi telekomunikasi telah dilahirkan.
 
 
Diawali dengan kehadiran sebagai operator telekomunikasi internasional pertama di Indonesia dan berlanjut menjadi perusahaan Indonesia pertama yang melakukan dual listing di Bursa Efek dalam negeri dan di New York Stock Exchange.
 
 
Di pertengahan tahun 90-an Indosat kembali melahirkan inovasi dengan menjadi penyedia seluler pertama kali khususnya dengan fitur bebas roaming nasional bagi layanan prabayar Mentari. Di tahun 2001 Indosat meluncurkan produk IM3 yang menjadi produk pertama yang memberikan layanan khusus untuk segmen muda. Melalui IM3 juga Indosat menjadi pelopor transfer pulsa.
 
 
Tak berhenti sampai di situ, Indosat juga mempelopori layanan BlackBerry di tahun 2004 dan yang pertama memberikan layanan 3.5G dengan seluruh jaringannya menggunakan HSDPA+ di tahun 2006.
 
 
Di program tanggung jawab sosial perusahaan, Indosat juga menjadi yang pertama menyelenggarakan kompetisi wireless bagi generasi muda melalui IWIC, menjadi yang pertama menggunakan energi alternatif ramah lingkungan untuk BTS-nya, serta masih banyak lagi inovasi lainnya.
 
 
Semua kepeloporan tersebut tidak dapat dilepaskan dari posisi kuat Indosat sebagai operator penyedia layanan jasa dan jaringan telekomunikasi dengan lisensi terlengkap di Indonesia, sehingga memungkinkan Indosat untuk memberikan layanan yang semakin terintegrasi dan siap untuk menuju era layanan konvergensi telekomunikasi ke depan.
 
 
Kedepan Indosat akan terus konsisten dengan komitmennya untuk memberikan layanan dan solusi yang lebih baik lagi, sehingga Indosat akan memberi manfaat yang terus menerus bagi para pemangku kepentingannya. (*)

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan