Lebaran Listrik Aman

Thursday, September 17, 2009

Git Muhkandi (kiri) bersama Mashuri di UPJ Rengasdengklok.
 
 
RENGASDENGKLOK, RAKA - Jelang lebaran Idul Fitri 1430 Hijriyah pasokan listrik dipastikan aman, karena pemeliharaan jaringan listrik sudah dilaksanakan jauh sebelum Ramadhan. Pada H-10 hingga nanti H+10, pengaduan PLN siaga ektra 24 jam. Demikian kata Supervisor Opdis (Operasi Distribusi) PT. PLN UPJ Rengasdengklok Git Muhkandi didampingi Supervisor Administrasi Keuangan, Mashuri, kepada RAKA, Rabu (16/9) siang di tempat kerjanya.
 
Dijelaskan Git Muhkandi, gangguan listrik tidak bisa diprediksikan, bisa terjadi kapan saja. Namun demikian, pihaknya akan berupaya meminimkan pemadaman, bahkan diusahakan nihil gangguan, karena jika ada gangguan malam hari, maka akan banyak warga komplen, apalagi jika padam pas beduk takbir malam Idul Fitri. "Jauh sebelumnya jaringan listtrik sudah kita pelihara," ujarnya.
 
Pada H-10 hingga H+10 PLN mengkhususkan siaga menjaga kondisi jaringan listrik, semuanya disiagakan dari PLN UPJ (Unit Pelayanan Jaringan) hingga KP (Kantor Pelayanan). Selama itu, petugas PLN harus ada ditempat dengan menugaskan beberapa orangnya sesuai jadwal yang telah ditetapkan UPJ. Jadi, selama 20 hari itu, PLN nyaris tidak boleh bekerja memperbaiki jaringan listrik, karena dikhawatir ada pemadaman akibat pekerjaan tersebut. Untuk itu, PLN sudah memperbaiki jaringan jauh hari sebelumnya, supaya pelanggan listrik nyaman dan rumahnya bisa terang.
 
Petugas PLN akan kembali melakukan pemeliharaan kabel-kabel jaringan sekitar Oktober 2009 mendatang sesuai rencana kerja. Namun begitu, PLN membuka pengaduan warga jika selama lebaran ini terjadi gangguan listrik yang tidak terduga dengan menghubungi nomor pengaduan PLN APJ Karawang 0267-7000123, untuk pengaduan PLN UPJ Rengasdengklok bisa menghubungi langsung 0267-482013 yang siaga 24 jam.
 
Lebih lanjut Git Muhkandi menjelaskan, jelang lebaran ini persiapan PLN lebih ditingkatkan, material-material listrik sudah disiapkan di UPJ jika sewaktu-waktu ada material jaringan yang perlu diganti akibat gangguan. Memang siaga listrik 24 jam ini tidak beda dengan bulan lain, tapi ada kelebihan khusus disaat perayaan umat Islam secara nasional ini. Semisal laporan dari KP ditingkatkan hingga 3 kali, dari biasanya cuma 2 kali, pertama yaitu pukul 7.00-14.00 WIB, kedua 14.00-19.00 WIB dan ketiga laporan-laporan dari tiap KP ke UPJ dilakukan pukul 19.00-07.00 WIB dengan terus berkomunikasi tanpa henti. (spn)

Damkar Rengasdengklok Sering Rusak

Rasim sedang mengecek kondisi mesin air Damkar yang rusak total.
 
RENGASDENGKLOK, RAKA - Satu armada Damkar (Pemadam Kebakaran) yang siaga di kantor UPTD Cipta Karya Rengasdengklok sering rusak, meski kondisi mesin dan body mobil mulus, justru yang rusaknya adalah mesin air dan tanki yang menjadi alat vital Damkar.
 
Seorang anggota Damkar Rengasdengklok, Rasim menuturkan kepada RAKA kemarin, idealnya Damkar yang siaga di kantor UPTD Rengasdengklok ini harus berfungsi sepenuhnya, karena jika satu saja dari bagian armada ini tidak berfungsi, maka upaya penolongan pertama pada kebakaran akan terhambat. Semisal rusak mesin air, otomatis Damkar tidak bisa menyedot maupun menyemprot air, justru mesin air ini yang berperan penting pada armada Damkar.
 
Kerusakan Damkar bisa diketahui langsung, karena setiap hari petugas pemadam selalu mengecek semua kelengkapan termasuk mesin mobil dan mesin air semprot. Kata Rasim, setiap dua hari sekali mesin air dinyalakan untuk menguji coba semprotan air. Beberapa hari kemarin, semprotan air tidak maksimal, karena mesin airnya 'ngadat'. "Kita selalu cek, agar bisa sigap jika terjadi peristiwa," jelasnya.
 
Diakui Rasim, sering rusaknya Damkar yang siaga di Rengasdengklok hanya akan menghambat penyelamatan jika terjadi kebakaran, apalagi yang rusaknya adalah mesin air dan tanki. Di Dinas Pemadam Kebakaran Karawang, lanjutnya, Damkar type lama sebanyak 6 unit, semuanya dalam kondisi rusak. "Damkar di Rengasdengklok untuk pertolongan pertama jika terjadi kebakaran (di daerah utara Karawang, red) sebelum Damkar dari Karawang datang," ujarnya.
 
Upaya ini, kata Rasim, tidak didukung Damkar Rengasdengklok yang layak. Sejak di kota Proklamasi ini disiagakan Damkar, sebenarnya armada ini sudah sering diganti-ganti, antara Damkar nomor 07 dan 10, kedua Damkar itu seperti barang yang selalu ditukar ke Dinas Kebakaran di UPTD Cipta Karya Kabupaten Karawang, karena keduanya sering rusak. Jika mesin air dan tanki Damkar sudah layak, kata Rasim, Damkar yang siaga di Rengasdengklok siap 24 jam, tapi jika kondisinya rusak, maka Damkar Rengasdengklok hanya akan jadi pajangan saja. "Kita malu pada masyarakat, beban bagi kita jika Damkar yang siaga di Rengasdengklok ini tidak layak pakai," ujarnya.
 
Dijelaskannya, tanki Damkar bisa menampung air sebanyak 3000 liter, air itu mampu disedot mesin air sekitar 10 menit dan waktu disemprotkan akan habis kira-kira 15 menit non stop. Lokasi pengambilan air biasanya di saluran induk Bedeng atau pintu air di Desa Kertasari. Mengenai hidran air, Rasim tidak bisa menjawab gamblang, karena hidran air yang lokasinya ada di dekat Masjid Rengasdengklok tidak diketahui berfungsi atau tidak, lagi pula pihaknya tidak dikasih kunci khusus untuk membuka hidran itu jika sedang terjadi kebakaran. "Kuncinya khusus dari PDAM, bukan kunci biasa," tukasnya.
 
Dengan demikian, Damkar Karawang memang perlu peremajaan mesin air dan tankinya, karena kondisi bodi dan mesin mobilnya masih bagus. Apalagi masyarakat menaruh harapan banyak pada satu Damkar yang disiagakan di Rengasdengklok untuk mampu menjadi penolong pertama jika terjadi kebakaran besar, terutama di rumah pemukiman dan pasar tradisional. (spn)

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan