Antisipasi Banjir, Warga Mengarug Tanggul Citarum

Saturday, November 28, 2009

 
BeritaKarawang.com - Untuk mengantisipasi banjir, warga Dusun Teluk Bunder, Desa Dewisari, Kecamatan Rengasdengklok memperbaiki tanggul Sungai Citarum dengan ratusan karung, Minggu (28/11/2009) pukul 11.11 WIB.
 
Perbaikan ini atas inisiatif masyarakat dan desa setempat. Mereka bahu membahu meninggikan tanggul Sungai Citarum. "Kalau Citarum banjir, airnya limpas dan membanjiri pemukiman," celetuk salah satu warga.
 
Sedikitnya puluhan warga meninggikan tanah tanggul yang dianggap rendah, karena tidak akan efektif jika mengarug tanggul saat banjir tiba. Selain itu, pengarugan yang dilakukan jauh hari sebelum banjir ini supaya tanah tanggul bisa keras. Beda jika pengarugan dilakukan saat banjir, akan sulit menambal tanggul yang digenangi air.
 
Hingga sekarang, yang sudah ditangani 200 meter tanggul dan yang sekarang dikerjakan 200 meter dengan menambah ketiggian 1 meter. Pekerjaan ini hanya dengan cangkul.
 
 
"Jangan sampai ada kejadian, kita baru melakukan penanganan. Jadi pengarugan ini untuk antisipasi banjir mendadak, karena setiap tahun banjir terjadi," kata Kadus Teluk Bunder, Asep di lokasi tanggul. (*)
 

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan