Tiap Desa Akan Dapat Rp 250 Juta dari APBD

Wednesday, April 14, 2010

 
BeritaKarawang.com - Komisi C DPRD Karawang berpendapat akan mengambil jalan tengah memberikan dana langsung Rp 250 juta/desa dari rencana awal Rp 1 miliar/desa kepada 309 desa dan kelurahan se-kabupaten. Dana ini khusus untuk infrastruktur, diluar anggaran desa lainnya.
 
 
Demikian dijelaskan Ketua Komisi C DPRD Karawang, H. Tono Bahtiar, Rabu (14/4/2010) pukul 11.52 WIB di kantornya. Menurutnya, dana Rp 1 miliar/desa itu dari asumsi APBD Rp 1,7 triliun tahun 2011. Namun, yang dianggap realistis adalah membagikan Rp 250 juta dari asumsi APBD Rp 1,4 triliun tahun anggaran 2011 mendatang.
 
 
"Sekarang estimasi APBD Karawang Rp 1,2 triliun, kita akan sepakat memberikan dana Rp 150 juta ke tiap desa. Namun, kami akan terus mendongkrak agar APBD menjadi Rp 1,4 triliun, dari dana itu kami akan memperjuangkan dari Rp 150 juta menjadi Rp 250 juta tiap desa," katanya.
 
 
Namun demikian, kata Tono, tiap desa tetap akan mendapatkan total dana Rp 1 miliar, itu termasuk dari semua dana-dana pembangunan Pemda Karawang yang disalurkan pada tiap desa.
 
 
Dana yang diterima tiap desa, kata dia, memang tidak turun langsung Rp 1 miliar, tapi tersebar dari masing-masing dinas SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan bagian-bagian di sekretariat perangkat daerah Karawang.
 
 
Kata Tono, ini adalah keberhasilan Pemda bersama DPRD Karawang dalam percepatan peningkatan pembangunan di kabupaten ini. Rp 250 juta ini untuk percepatan desa, sedangkan dana Rp 750 juta ada pada dinas-dinas, diantaranya bantuan ekonomi kerakyatan, keagamaan, honor perangkat desa, kesehatan, pendidikan, pertanian dan perikanan juga lainnya.
 
 
"Rp 1 miliar itu dari dana Rp 750 juta ditambah Rp 250 juta dana yang langsung diberikan ke desa. Rp 1 miliar itu tidak sekaligus diberikan, karena terbentur peraturan pemerintah tentang sistem pengelolaan keuangan di daerah. Sementara ini kita perjuangan supaya tiap desa dapat Rp 250 juta untuk pembangunan infrastruktur," jelasnya. (*)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan