Yapinas Cibuaya Genjot Motivasi Belajar Siswa

Friday, May 28, 2010


BeritaKarawang.com - Untuk memotivasi kembali semangat belajar bagi pelajar dalam menghadapi tahun ajaran baru dan setelah lelah mereka melewati proses ujian sekolah beberapa waktu lalu. Dengan begitu berbagai macam cara mulai disiasati pihak sekolah jelang ajaran baru.
 

Diantaranya dengan kegiatan orientasi pendidikan yang melibatkan beberapa perwakilan pelajar dari beberapa sekolah yang berbeda. Seperti pelajar SMAN 1 Batujaya yang juga diundang dalam kegiatan orientasi pendidikan Yayasan Pendidikan Islam Nihayatul Amal (Yapinas) Sukasari, Kecamatan Cibuaya, lokasinya di SMP Islam 1 Cibuaya, 28-29 Mei 2010. Acara ini memiliki tema 'Jadikanlan Diri Anda Berharga dan Berkwalitas Demi Masa Depan yang Lebih Baik'. 


Pada orientasi hari pertama, Jumat (27/5/2010) pagi hingga sore, diingatkan kembali tentang visi dan misi yayasan ini pada pelajar supaya agar siap menghadapi tantangan globalisasi pendidikan yang terus berkembang. Seperti diungkapkan Ketua Yapinas Sukasari sekaligus Ketua MK2MI Karawang, H. Sopian. Kata dia, selama dua anak didik Madrasah Iftidaiyah (MI), DTA, SMPI, SMKI serta Ponpes Nihayatul Amal Sukasari serentak mengikuti orientasi pendidikan. Tujuan orientasi ini supaya mereka bisa secepatnya mendapatkan kembali tenaga, semangat dan motivasi belajar baru.


"Ini merupakan siasat yang paling efektif supaya para pelajar bisa terlihat memiliki wajah baru, semangat baru dan energi baru pada setiap tahun ajaran baru. Sisi lain, moment ini kita manfaatkan untuk menggenjot semangat siswa supaya tidak berfikiran untuk putus sekolah," jelasnya, usai kegiatan tersebut. 


Menurutnya, tingginya angka putus sekolah di kalangan pelajar Karawang cenderung disebabkan faktor keterbatasan ekonomi. Namun demikian, kata dia, Yapinas telah mengeluarkan keputusan untuk memberikan pendidikan gratis hingga 12 tahun bagi para pelajar yang benar-benar tidak mampu, bahkan Yapinas memberikan kemudahan dengan memberikan tempat tinggal bagi mereka di ponpes yang didirikannya tahun 2006 itu.


Selain itu, pada acara ini digelar temu wicara untuk saling 'sharing' antara guru dan pelajar tentang persoalan-persoalan pendidikan, sekaligus untuk mendongkrak mutu pendidikan di yayasan ini. "Segala persoalan pendidikan di Karawang yang ada dibicarakan dalam kesempatan acara orientasi ini dijadikan masukan positif bagi manajemen perkembangan yayasan ini ke depan," jelasnya.

 
Kepala SMP Islam 1 Cibuaya, Ading S.Pdi menyatakan, orientasi pendidikan yang diadakan di sekolahnya ini diantaranya untuk membentuk kepribadian siswa, supaya mereka memiliki keinginan membangun, berkarya dan merasa harus menjadi orang berguna di masyarakat dan masa yang akan datang. "Terutama berguna bagi Agama Islam, sesuai basis sekolah ini yang banyak mengajarkan akidah agama Islam," harapnya. (**)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan