Perhutani dan Warga Cikiong Buka Wisata Pantai

Friday, December 19, 2008

BATUJAYA, RAKA - Perhutani dan masyarakat Dusun Cikiong, Desa Segarjaya, Kecamatan Batujaya merintis obyek wisata pantai Cikiong. Obyek wisata ini berlokasi sekitar 6 km dari situs Candi Jiwa Batujaya. Pantai wisata ini sengaja dirintis Perhutani sebagai wahana lingkungan hidup. Meski demikian, kawasan wisata ini tidak bersifat ekploitasi fisik tapi pemanfaatan jasa lingkungan.
 
Dijelaskan Asisten Perhutani (Asper) Rengasdengklok, Diki Hermawan Marwan, selain dengan masyarakat, Litbang Kehutanan Bogor telah menyumbangkan pohon cemara laut dalam upaya rehabilitasi pohon tersebut di pesisir pantai Utara Karawang. Dengan menanam pohon cemara laut dan berbagai pola tanam lainnya, diharapkan bisa mendukung wisata ini.
 
Sudah sebulan ini, dilokasi wisata pantai Cikiong ini telah dibangun jembatan bambu sepanjang 400 meter, menuju delta (pulau) dari tanah timbul di lepas pantai. Sementara, Perhutani telah menanam mangrove di kawasan obyek wisata ini sejak tahun 2006 lalu. "Saat ini sifatnya hanya swadaya dengan masyarakat, kedepan kita akan menarik investor," ujarnya.
 
Namun begitu, jalan menuju tempat wisata pantai ini masih melalui pematang-pematang tambak ikan bandeng, jika hujan maka jalanan jadi becek bahkan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat hanya bisa berhenti di jembatan besar dan pengunjung harus pakai ojek atau berjalan kaki dengan jarak yang jauh. "Ya, obyek wisata ini kemungkinan akan dibuka untuk musim kemarau saja, karena kendala akses jalan yang belum mendukung," jelasnya. (spn)
 
 

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan