Warga Tanjung Pakis Tuntut Kades Mundur

Friday, December 26, 2008

Terkait Ekploitasi Pasir Laut
 
KARAWANG, RAKA – Ribuan warga Pakisjaya kembali mendatangi kantor Bupati Karawang, Rabu (23/12). Aksi tersebut didampingi Sepetak mahasiswa pecinta alam Universitas Singaperbangsa Karawang dan ormas lainnya. Mereka mendesak Bupati Karawang, Drs. Dadang S. Muchtar agar mencabut izin eksploitasi pengerukan pasir laut di perairan Muara Bungin, Desa Tanjung Pakis oleh PT Purna Tarum Murni.
 
Pada kesempatan tersebut, warga meminta pada bupati supaya Kepala Desa Tanjung Pakis, Sopyan dicopot dari jabatannya, karena dianggap menghianati nurani rakyat berkaitan dengan ekploitasi pasir laut itu. Diketahui, para demontran yang notabene warga asli Tanjung Pakis meminta dengan tegas supaya pengerukan dihentikan, karena akan mengakibatkan hancurnya daratan pantai. Selain itu, ekploitasi laut itu disinyalir akan mengganggu aktivitas nelayan setempat.
 
Bahkan, para demontran ini pun lantang mengutuk kepala desa mereka yang telah dianggap menghianati warga. Ini terlihat dari spanduk dan slogan yang mereka usung. Seorang nelayan Tanjung Pakis, Wartam (43), semua warga Desa Tanjung Pakis menuntut agar Sopyan dihentikan dari jabatanya, karena dianggap sudah menjual semua warganya kepada pihak perusahaan demi kepentingan pribadinya.
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, sejak kepemimpinannya, kepala desa ini telah menghianati amanah yang telah diberikan warga Tanjung Pakis, karena banyak program pemerintah yang telah diselewengkan oleh kades tersebut, seperti dalam pembagian paket gas untuk di desa Tanjung Pakis yang dipungut biaya sebesar Rp 25 ribu tiap warga. Diakui Wartam, pungutan serupa tidak dilakukan oleh kepala desa lain di Kecamatan Pakisjaya. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan