Karya Bakti Koramil 0405 Pedes

Monday, October 26, 2009

KARAWANG NEWS - Pelaksanaan Karya Bakti Koramil 0405 Pedes digelar di Dusun Krajan, Desa Kendaljaya, Kecamatan Pedes Senin (26/10/2009) pukul 08.00 WIB. Sebanyak 100 orang termasuk 22 anggota TNI turun memperbaiki saluran tersier yang tersumbat. Selama ini, petani sawah di dusun ini selalu menggunakan mesin pompa untuk mengairi sawah.
 
Dijelaskan Danramil 0405 Pedes, Rebin Hidayat, Karya Bakti TNI ini bertujuan meningkatkan dan mempercepat proses pembangunan di daerah, juga memperkokoh dan mempertebal kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dia juga membuka diri kepada semua desa untuk bekerjasama memperbaiki fasilitas umum yang diperlukan, mengingat di kesatuannya pun ada program Karya Bakti yang rutin dilaksanakan tiap bulan.
 
Disela Karya Bakti, Kepala Desa Kendaljaya, Dora Ralim mengungkapkan, saluran air yang diperbaiki masyarakat dan TNI ini merupakan saluran vital untuk mengairi puluhan hektar sawah di desanya termasuk desa tetangga. Saluran air yang membelah Dusun Krajan ini kini hanya memiliki lebar sekitar 1 meter, padahal sebelumnya 2 meter, ini disebabkan penyempitan tanah selama beberapa tahun.
 
Akibat penyempitan itu, saluran air selalu meluap dan membanjiri pemukiman setempat jika banjir. Sedangkan jika airnya sedikit, hampir puluhan hektar sawah kekurangan air. Dengan mengangkat sampah-sampah dan memperlebar saluran air oleh TNI dan masyarakat ini, diharapkan air kembali lancar. Kades juga meminta pada Pemda Karawang untuk menyediakan dana perbaikan saluran air secara permanen untuk kepentingan petani di desanya.
 
Program Karya Bakti yang langsung dirasakan oleh masyarakat ini sudah beberapa kali dilaksanakan, diantaranya perbaikan saluran, jalan lingkungan, perbaikan mushola dan banyak lagi sesuai kebutuhan lingkungan di tiap desa, termasuk penghijauan dan kalagumarang. (*)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan