SMK PI, Pioner Teknologi dan Informasi

Thursday, April 17, 2008

Bambang Pranowo (kanan) bersama staf pengajar SMK Perbakan Indonesia


GEDUNG sekolah bergaya futuristik di Karawang terbilang jarang. Lain hal dengan SMK Perbankan Indonesia (PI) di Kecamatan Kutawaluya, SMK yang baru dua tahun berdiri ini ingin menjadi pioner sekolah yang mengacu pada teknologi dan informasi, termasuk menciptakan sarana pendidikan layaknya gedung perkantoran.


Selain ber-AC, gedung minimalis futuristik ini sengaja dibangun untuk membiasakan siswanya sebelum menghadapi dunia kerja yang sebenarnya. Meski kini SMK PI tampak biasa, rencananya kedepan sekolah ini akan tampak beda dibanding sekolah umumnya. Misalnya tidak menggunakan kapur tulis tapi akan mengarah pada penggunaan proyektor dan laptop. Pada beberapa tahun mendatang, SMK PI akan serupa seperti gedung kampus modern.


Kepala SMK Perbankan Indonesia, Bambang Pranowo, S.Pd mengatakan, gaya gedung yang rencananya akan dibangun ini berdesain desain minimalis. Ini supaya ada kesan tersendiri bagi siswinya dan mereka yang mengemban ilmu di SMK ini tidak sekedar sekolah melainkan memiliki motivasi belajar yang lebih.


Saat ini, gedung sekolah umumnya bergaya lama, seolah tidak ada gairah bagi siswa untuk berekspresi, tapi SMK PI akan membuat siswi betah dan nyaman selama mengikuti belajar, apalagi sekolah ini merupakan sekolah kejuruan yang selayaknya memperkenalkan situasi dunia kerja setelah mereka lulus.


Dengan membangun gadung gaya kantoran, setidaknya kesan sekolah konvensional atau sekolah klasik umumnya bisa hilang sekitar 80 persen di SMK PI. Dengan bentuk dan suasana berbeda ini mempu menciptakan kebangaan bagi warga sekolah, yaitu siswa, tenaga pengajar termasuk pengelola. Bahkan, toliet di SMK PI dibentuk dengan corak modern, jika dilihat sepintas seperti bukan toilet. Desain toilet itu menjiplak wajah sebuah hotel ternama di Jakarta. Jika toilet saja dibentuk bagus dan bersih, tentunya halaman muka sekolah akan dibangun lebih modern dan artistik.


Furniture atau mebeler SMK ini akan menggunakan mebeler yang digunakan kantoran dengan bentuk yang transparan, tentunya ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun begitu, sudah menjadi konsekuensi SMK PI menciptakan sekolah yang mengedepankan teknologi dan mengikuti perkembangan jaman.


"Kita punya arah pengembangan sarana sekolah, kita punya skala prioritas, yaitu tahun 2008 ini pembangunan gedung tambahan harus bisa selesai, setelah sarana kelas memadai tinggal diikuti fasilitas pendukung lainnya," katanya.


Puluhan tahun situasi belajar di sekolah tidak berubah, kata Bambang, artinya siswa seolah hanya diperkenalkan dengan bidang studi tanpa lingkungan sekolah yang mendukung, ini faktor utama bagi SMK PI untuk membuat kondisi berbeda dan menciptakan situasi tidak stress selama dikelas. Ini adalah upaya SMK PI untuk keluar dari kondisi sekolah yang saat ini tampak monoton.


Namun, hal ini pun masih di uji cobakan. Diantarnya, belajar tanpa meja melainkan dengan kursi kampus, dengan kursi kampus ini mengajarkan siswa untuk duduk bebas dan bisa saling geser berdekatan sesama teman mereka, jika saling berdekatan komumikasi mereka akan lancar dan bisa melakukan diskusi dengan banyak temannya.


Memang, kalau dihitung keuntungan sekolah swasta ini belum sesuai, maksudnya yang dibelanjakan dengan pendapatan belum ideal, tapi yang pasti prospek SMK PI ini kedepannya akan cerah dan baik, apalagi SMK ini mengedepankan kemajuan teknologi dan konsep sekolah yang beda, yaitu sekolah yang bernuansa seperti tempat kerja.


Saat ini pemerintah pun memiliki konsep pengembangan 60 persen SMK dan 40 persen SMA. Dengan keterlibatan pemerintan ini masyarakat juga bisa merasakan SMK lebih banyak manfaat bagi dunia usaha dan industri. "Perusahaan juga bisa berpikir, kalau melihat sekolahan yang jelek, asumsinya siswanya bisa apa," ungkapnya. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan