Ancaman Abrasi Pantai Karawang

Friday, June 6, 2008




TERJANGAN ombak yang diperkuat hembusan angin timur di sekitar pantai utara Kabupaten Karawang acapkali mengakibatkan abrasi pantai yang sangat hebat. Tidak hanya berakibat hilang puluhan kilometer pantai tetapi juga menjadi penyebab banjir dipemukiman masyarakat.
Minimnya panahan pantai sering juga menciptakan inspirasi masyarakat membuat karung-karung beras berisi pasir yang digunakan sebagai dam atau penahan ombak.


Dam-dam buatan ini sekaligus berfungsi sebagai pemecah gelombang yang menerjang pantai. Sayangnya, dam-dam buatan yang dibuat juga dengan cara manual ini ternyata tak sanggup menahan dasyatnya terjangan gelombang. Tidak heran bila masyarakatpun meminta pemerintah daerah agar membuatkan dam-dam permanen. Lebih kokoh ketimbang hanya sekedar karung-karung pasir dan sanggup bertahan hingga belasan tahun.


Dam ini memang ini harus diposisikan di area pantai yang kondisinya sudah curam. Paling tidak dam ini, selain berfungsi sebagai penahan juga akan membelokan gelombang yang menerjang. Sementara di sisi lain pembelokkan gelombang ini akan mengakibatkan terjadinya endapan pasir sehingga pantai akan terbentuk kembali.


Masih terkait itu, akibat dari terjangan gelombang ini ratusan hektare tambak sering menjadi korban, selain turut merusak daerah-daerah yang menjadi objek wisata pantai. Padahal wisata ini diharapkan bisa menjadi pemicu berkembang dan meningkatnya taraf perekonomian masyarakat setempat selain merangsang tumbuhnya dan berkembangnya infrastruktur daerah bersangkutan. Seperti jalur yang menuju Desa Cemara Jaya, Kecamatan Cibuaya, desa paling ujung di ruas jalan Karawang-Sungaibuntu, adalah perjalanan menuju daerah terpencil, miskin dan kumuh. Meski kini sudah kesan itu mulai terkikis. (*)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan