Pertamina Sebar Bibit Gratis

Thursday, June 5, 2008




CILEBAR, RAKA - PT Pertamina Pemasaran BBM Retail Region III melalui Layanan SDM - HR area Jawa Bagian Barat menggelontorkan bantuan benih padi terhadap ribuan petani di Kecamatan Cilebar dan Tempuran. Bantuan ini sekaligus janji yang diucapkan perusahaan negara itu pasca bantuan bencana banjir beberapa waktu lalu kepada Ormas Barindo.


Kepala Layanan SDM - HR Area Jawa Bagian Barat, Suwardi, mewakili General Manager Pertamina Pemasaran BBM Retail Region III, berharap agar bantuan benih padi ini bisa memacu petani untuk meningkatkan produksinya. "Jika petani di Karawang bisa kembali memproduksi beras dengan kualitas baik, maka predikat lumbung padi akan kembali menggaung. Dan, bila itu tejadi, kemungkinan Indonesia tidak lagi impor beras dari luar negeri tetapi mengekspor beras ke luar negeri," ucap Suwardi, Selasa (3/6) di Aula Desa Cikande, Kecamatan Cilebar saat penyerahan benih padi tersebut.


Dijelaskan, bantuan benih padi tersebut khusus untuk para petani yang kena banjir beberapa bulan lalu. Banjir yang terjadi Februari 2008 lalu di Kecamatan Cilebar dan Tempuran telah merendam sekitar 4.158 hektar dengan ketinggian air 1,5 meter. Bibit padi yang baru berumur 14 hari pun mati karena terendam air selama 21 hari. "Aksi itu sendiri seharusnya dilakukan sebelum Pilkada Jawa Barat bulan lalu. Namun, untuk menepis dugaan kampanye terselubung pada pertemuan petani ini, maka waktu kegiatan ini diundur," ungkap Ketua Panitia Ilhamsyah S.Sos.


Pembagian Bibit Padi Legowo 2 dari Pertamina ini dibagikan melalui 50 kelompok tani dan tiap kelompoknya mengelola 30 hektar sawah. Benih Legowo 2 dinilai lebih menguntungkan dibanding cara penanaman padi yang biasa dipakai petani Karawang umumnya. Selain mempermudah pengelolaan, pemeliharaan dan perawatan, jumlah batang padipun banyak dari padi biasa. Ini terbukti dari hasil panen satu hetar sawah akan menghasilkan produksi padi sekitar 6-8 ton, biasanya petani hanya meraup hasil 4-6 ton/hektar.


Ketua DPC DPC Barindo Kabupaten Karawang, Tegeuku Kaharudin mengatakan, sistem penanaman padi Legowo 2 sebetulnya sudah banyak dilakukan, hanya saja belum populer di kalangan masyarakat petani. Hal inilah yang menurut kami (Barindo, red) perlu disosialisasikan. "Dalam hal ini, DPC Barindo Kabupaten Karawang dan Pertamina Peduli merespon positif sebagai kerja nyata. Dan segera akan mensosialisasikan santunan bantuan bagi petani di Desa Cikande yang sawahnya kebanjiran," katanya.


Terkait itu, LSM Dutha Tani Abdul Arif mengatakan, ilmu petani merupakan ilmu keturunan sehingga ilmunya kini telah berkembang dan hasilnya sangat luar biasa. Namun begitu, petani pun harus mengetahuia hak-haknya. Sementara di PT. Pertamina memiliki Corporet Social Responsibility (CSR) yaitu merupakan bantuan kemanusiaan yang juga bisa diterima oleh para petani.


Namun sayangnya, kadang keterlambatan bantuan itu karena aspirasi masyarakatnya sedikit, seperti bertepuk satu jari dan tidak bisa didengar perusahaan, tapi jika semua petani kompak mengaspirasikan diri, maka perusahaan pun akan mendengar dan melakukan kewajibannya untuk memberikan bantuan sosial, terutama bagi para petani.


Pjs Desa Cikande Muhmmad Juman menyampaikan, bantuan ini merupakan keberkahan bagi para petani, dia mengilustraikan banjir pada tahun 2007 sempat menenggelamkan pemukiman hingga 40 cm. Pada saat itu desa ini siaga satu karena hampir sedikit daratan yang tampak. Sementara, petani sudah lelah karena banjir, karena baru sebar benih ratusan hektar sawah terendam banjir. Kepala desa mengajukan pengerukan saluran sekunder Ciwadas.


Pada pengobatan gratis Maret 2008 sekitar 400 pasien warga Cikande yang sakit akibat banjir. Dengan begitu, bantuan yang sering disinggung-singgung untuk desa ini adalah pengobatan gratis dan bantuan pertanian. "Kita berharap siapapun pimpinannya desa ini mendapat skala prioritas," kata Juman. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan