10 PPL Cilebar Dilantik

Thursday, December 11, 2008

CILEBAR, RAKA - Sebanyak 10 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kecamatan Cilebar yang akan bertugas pada pemilihan umum tahun 2009 dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cilebar, Anton Suhirman BSC, Rabu (10/12) pukul 15.00 WIB. Pelantikan dan pengambilan sumpah PPL ini akan bertugas di 10 desa kecamatan ini.
 
Sementara petugas PPL di 10 desa yang dilantik diantaranya, Otim Desa Kertamukti, Suharja Desa Pusakajaya Selatan, Sukanta Desa Pusakajaya Utara, Maman Desa Kosambi Batu, Dedeng Baharudin Desa Suka Ratu, H. Waji Desa Tanjungsari, H. Misnan Desa Rawasari, Rasmawi Desa Cikande, Eeng Desa Mekarpohaci dan Ja'amin Desa Ciptamargi.
 
Ketua Panwaslu Kabupaten Karawang, Masmuhyi mengatakan, pelantikan PPL ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 22 tahun 2007 tentang penyelenggaraan pemilu, yang memiliki tugas dan wewenang. Sesuai pasal 82, tugas wewenang panwas pemilu lapangan diantaranya, mengawasi tahapan penyelanggaraan pemilu di desa atau kelurahan, meliputi pemutahiran data, kampanye, perlengakapn dan pendistribusian, pelaksanaan pemungutan suara dan sebagainya. Kemudian menerima laporan duagaan pelanggaran tahap pemilu dan meneruskan temuan dan laporan.
 
"Sementara kewajiban PPL harus bersikap tidak diskriminatif, menyampaikan laporan dan temuan jika adanya dugaan pelanggaran tentang hal kewajiban lain yang diberikan Panwas kecamatan. Jadi PPL harus bisa menjaga netralitas," ucapnya.
 
Ketua Panwas Kecamatan Cilebar, Anton Suhirman meminta kepada PPL yang telah dilantik untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sebagai mana ketentuan perundang-undangan yang berlaku. "Kami minta PPL dalam melaksanakan tugasnya harus netral, jujur adil dan tidak diskriminatif artinya, semua peserta pemilu diperlakukan setara dan sederajat," tandasnya.
 
Lebih lanjut Anton menghimbau kepada penyelenggara pemilu, peserta atau kontestan pemilu untuk bersama-sama menjaga agar dalam pelaksanaannya nanti dapat berlangsung jujur, adil, aman, lancar dan kondusuif. Sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan