Caleg Terpilih Harus Pentingkan Rakyat

Saturday, December 13, 2008

"Seorang pemimpin harus mampu mengedepankan kepentingan umum (mashlahat al-'amanah) dan memiliki kualitas moral yang baik. Seorang pempimpin juga harus memiliki dua loyalitas, loyal ke atas dan loyal ke bawah, artinya selain dia patuh dan taat terhadap orang yang posisinya lebih di atasnya, dia juga harus mampu merangkul orang-orang di bawanya dan selalu memberikan pembelaan jika dibutuhkan," kata Ade Ta'lik, aktivis Karawang juga sebagai pengajar di beberapa sekolah di Rengasdengklok dan Batujaya, kepada RAKA, Jumat (12/12) sore.
 
Lebih lanjut Ade menjelaskan, UU No.12 Tahun 2003 menyebutkan, pemilu diselenggarakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat provinsi, kabupaten atau kota, serta memilih presiden dan wakil presiden. "Ada beberapa kriteria yang harus kita ketahui dari seseorang pemimpin yang akan kita pilih. Imam Al-Mawardi dalam kitab al-Ahkam as-Sultaniyyah menyebutkan dan mengajukan lima krteria seorang pemimpin, pertama adil dan jujur, kedua berpengetahuan, ketiga sehat wala'fiat, keempat arif dalam bertindak dan kelima tegas dan berani," ujarnya.
 
Dalam arti tren positif, lanjutnya, yang benarlah yang harus dibela. Apakah caleg-caleg yang diajukan pertai sekarang sudah memenuhi kiteria ataukah rakyat hanya akan mengambil semboyan 'Ambil uangnya tapi jangan kau pilih orangnya'. Kata Ade, wakil-wakil yang duduk di legislatif akan kedepan membuat perundangan. Selain itu menjaga dan mengontrol hukum juga kedaulatan pemerintahan. Sementara, yang terpilih sebagai eksekutif bertugas membentuk dan menjalankan pemerintahan dengan seadil-adilnya. "Jangan sampai lirik sebuah puisi dialami oleh bangsa kita, 'Tatap mata rakyat yang kosong, bukanlah bohong. Negara tidak tertolong, pemimpin banyak yang bohong, hakim banyak yang nipong (nipu, red), rakyat bagaikan anjing melolong, pemimpinku janganlah kau mikirin terus kursi ompong, ingat perut kami kosong'," cetusnya. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan