Camat Pakis: Saya Tidak Menduga Jika Galian C Laut Diprotes Warga

Wednesday, December 10, 2008

Koperasi nelayan Pakisjaya juga akan dikembangkan dari dana kompensasi proyek galian C pasir laut.
 
 
PAKISJAYA, RAKA - Galian C di lepas laut Kecamatan Pakisjaya itu legalitasnya ada. Selain mengantongi ijin lengkap, PT. Purna Tarum Murni ini telah diterima masyarakat setempat dengan diadakannya syukuran bersama, tepatnya akhir minggu di Nopember 2008 lalu.
 
Demikian kata Camat Pakisjaya, Drs. Heri Paryono kepada RAKA, Selasa (9/12) siang. Diakuinya, setelah syukuran bersama muspika Pakisjaya dan PT. Purna Tarum Murni beserta masyarakat setempat, dia tidak melihat ada yang kontra terhadap keberadaan PT tersebut. "Namun seminggu kemudian terjadi demo (menolak galian C di laut Pakisjaya, red) kami tidak tahu hal itu akan terjadi," ucapnya.
 
Pada acara syukuran itu dihadiri Kades Tanjungpakis Sopian, Kapolsek Pakisjaya AKP Hermawan, Danramil Pakisjaya serta dari Lingkungan Hidup, juga pihak perusahaan diantaranya Ismail, Domo, Ust. Zikrulloh, Komarudin dan masyarakat pada pukul 13.00-16.00 WIB di muara Bungin. Di atas tikar yang digelar, mereka membicarakan konsep pembangunan Pakisjaya dan Kabupaten Karawang, yaitu dari kompensasi galian C tersebut. Pada saat itu semuanya mendukung. Namun, seminggu kemudian muncul polemik, sekelompok warga menolak PT itu berdiri bahkan menuduh kades dan camat tidak baik.
 
Kata camat, pada peristiwa penolakan itu, dia menduga banyak sekelompok orang yang berkepentingan yang merasa belum terakomodir oleh perusahaan. Sementara masyarakat memang awalnya ingin tahu legalitas PT. Purna Tarum Murni. Setelah acara syukuran bulan lalu, malah terjadi unjuk rasa menolak galian C. "Intinya saya tidak tahu jika ada gejolak seperti ini, sungguh, saya pikir semuanya akan aman, karena memang awalnya masyarakat mendukung," jelasnya. (spn)
 
 

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan