Kecamatan Dengklok Butuh 3 Puskesmas

Wednesday, December 10, 2008

Ruang perawatan pasien UPTD Puskesmas Rengasdengklok.
 
 
RENGASDENGKLOK, RAKA - Idealnya, satu Puskesmas menangani sekitar 3000 jiwa di tiap wilayah. Namun, UPTD Puskesmas Rengasdengklok kini melayani kesehatan masyarakat se-kecamatan sekitar 100 ribu jiwa. Harusnya, di Kecamatan Rengasdengklok terdapat tiga Puskesmas untuk bisa melayani semua masyarakat di 9 desa.
 
Demikian kata Kepala UPTD Puskesmas Rengasdengklok, Dr. Hj. Hidayati (38), kepada RAKA, Selasa (9/12) siang di ruang kerjanya. Menurutnya, pos kesehatan desa (Poskesdes) yang rencananya akan dibangun di tiap desa akan sangat membantu, jika Poskesdes itu benar-benar bisa direalisasikan.
 
Di Kecamatan Rengasdengklok, lanjut Hidayati, sudah ada tiga desa yang telah menyediakan lahan kantor desanya sebagai lokasi pembangunan Poskesdes, empat desa tersebut diantaranya, Desa Karyasari, Dewisari, Kertasari dan Dukuhkarya. Sedangkan desa lainnya belum, lagi pula rencana Poskesdes ini diakui Hidayati belum diketahui realisasinya. "Kita siapkan dulu tanahnya, kalau ada dananya bisa langsung dibangun. Sedangkan tenaga kesehatannya harus ada pelatihan sejak sekarang," katanya.
 
Dia menjelaskan, Poskesdes ini merupakan koordinator dari posyandu dan pusat kesehatan masyarakat, jika Poskesdes ini benar-benar bisa direalisasikan maka akan sangat membantu, terutama menangani kesehatan masyarakat di lingkungan Poskesdes itu berdiri. Selain sebagai penanganan awal kesehatan masyarakat, juga sebagai sosialisasi dan memberikan informasi terbaru untuk masyarakat setempat tentang waspada wabah penyakit dan kesehatan.
 
Sementara ini, semua desa sudah melaksanakan pelatihan untuk desa siaga. Dan Poskesdes ini pun kepanjangan tangan dari Puskesmas, tentu di Poskesdes pun disediakan obat-obatan yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan lingkungan setempat. Tindakan Poskesdes sangat sederhana, sebelum pasien dibawa ke Puskesmas, sebelumnya ditangani di Poskesdes. "Tenaga kesehatannya kita melatih kader ksehatan termasuk bidan desa. Sebulan sekali, puskesmas akan memantau Poskesdes," ucapnya. (spn)
 
 

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan