Setelah Vakum 5 Tahun, SMPN 1 Rengasdengklok Kembali Gelar Lomba P BB

Monday, December 1, 2008

RENGASDENGKLOK, RAKA - SDN Rengasdengklok Utara II berhasil memboyong juara utama dan mendapat piala bergilir lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) di SMPN 1 Rengasdengklok, Minggu (30/11) siang. Juara dua diikuti SDN Rengasdengklok Utara III dan juara tiga yaitu SDN Rengasdengklok Selatan V.
 
Wasek Humas SMPN 1 Rengasdengklok, Teten Setiadi menjelaskan, Tujuan lomba ini untuk mencari kader-kader paskibra sekaligus kerjasama SD dan SMP se-wilayah Rengasdengklok dan sekitarnya. Lomba PBB di SMPN 1 Rengasdengklok sempat vakum selama 5 tahun, alasannya faktor biaya. Namun, saat ini bisa dilaksanakan dengan didukung oleh donatur dari luar sekolah. Bahkan kegiatan ini dilaksanakan tanpa membebani orang tua siswa. Dan kegiatan ini akan dilanjutkan pada tahun berikutnya untuk kemudian dikukuhkan jadi program tahunan.
 
Acara dibuka oleh alumni SMPN 1 Rengasdengklok yang sekarang anggota DPRD Kabupaten Karawang dari Fraksi Golkar, H. Deni Nuryadi, SH dan Kepala Sekolah Drs. Cucu Cuaca pukul 08.00 WIB. Dan 3 orang langsung menilai saat satu persatu peserta lomba berkompetisi, diantara jurinya adalah dari unsur Polri yaitu Wakapolsek Rengasdengklok Iptu Endang Rohendi, kemudian dari unsur TNI yaitu anggota Koramil Rengasdengklok Serka Indratmo dan Purna Paskibra Indonesia (PPI), Kabupaten Karawang Michael F. Walean.
 
Juara lomba ini dibagi beberapa kriteria, diantaranya juara utama yang mendapatkan piala bergilir, juara madya, juara bina, juara danton tebaik juga juara variasi dan formasi terbaik. Dan penilaiannya meliputi suara, intonasi, sikap, penguasaan materi, penguasaan pasukan, penguasaan lapangan. Perbandingan penilaian PBB murni dengan PBB variasi indah yaitu 70% dibanding 30%, maksudnya untuk tidak menghilangkan ketentuan pelaksanaan PBB yang digunakan mengacu pada PBB-AB sesuai PBB-AB No. Skep/611/X/1985.
 
Dan ketentuan pokok lomba itu mengacu pada toleransi 'metronom' atau tempo irama gerakan PBB yang digunakan adalah 96 langkah per menit, 102 langkah per menit dan 106 langkah per menit. Sementara, untuk juara madya pertama yaitu SDN Rengasdengklok Utara I, kedua SDN Rengasdengklok Selatan III dan juara ketiga SDN Rengasdengklok Selatan VI.
 
Untuk juara bina, pertama diraih Rengasdengklok Selatan II, kedua SDN Rengasdengklok Selatan X dan juara bina tiga MI Al Iftitah Elyasinah, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi. Juara danton terbaik diraih SDN Rengasdengklok Utara III dan variasi formasi PBB terbaik disabet SDN Rengasdengklok Selatan V. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan