Berhasil Dengan Perencanaan Matang

Friday, July 11, 2008



KARAWANG, RAKA - Keberhasilan bukan sesuatu yang instan, melainkan perlu perencanaan dan visi yang jelas juga komitmen untuk menjalaninya. Kesungguhan lembaga pendidikan SMK Ristek ini merupakan upaya untuk mewujudkan cita-cita membangun sumber daya manusia yang handal dan bisa bersaing di dunia usaha dan industri nasional maupun internasional.

Demikian kata Ketua Yayasan Gema Cendikiawan Indonesia (YGCI) Drs. H. Hartono Kosasih MM, saat acara wisuda ke-VII SMK Ristek di aula Husni Hamid Pemda Karawang, Minggu, (29/6) lalu. Menurutnya, Ristek memiliki target agar bisa jadi sekolah unggulan di Kabupaten Karawang. Sementara, para lulusan sendiri punya kesiapan untuk mengisi pekerjaan lokal, nasional dan intenasional.

Pada tahun ini, Ristek meluluskan 100 persen siswanya, sebanyak 425 dari jurusan audio video, mesin perkakas dan mesin otomotif. Lulusan Ristek ini diharap jadi manusia yang visioner dan berkarakter serta mampu beradaptasi dengan perubahan global yang berwawasan lingkungan. Selain mendidik siswa berwiraswasta, juga mendukung lulusannya masuk ke perguruan tinggi.

Diakuinya, selain dana, untuk membangun lembaga pendidikan yang kuat adalah komitemen pada rencana peningkatan kualitas sekolah. Namun begitu, YGCI memiliki rencana jangka menengah, yaitu membangun 17 sekolah SD, SMP, SMK hingga perguruan tinggi termasuk pondok pesantren di beberapa daerah. Saat ini, YGCI telah memiliki beberapa sekolah di Jakarta, diantaranya SMK Mercusuar, SMK Pelayaran Dewa Ruci, SMK Parawisasta, SMK Ristek Perbankan Nasioanal dan SMK Ristek Jaya Jakarta, sekolah itu ada dalam satu komplek di Jalan Raya Bekasi KM 26, Ujung Menteng Cakung, Jakarta Timur.

Dan dua sekolah lagi ada di Karawang yaitu SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia. " Kita membuat sistem standarisasi pendidikan dari 7 sekolah yang dikelola yaitu di Jakarta dan Karawang, semuanya sesuai sencana yayasan. Dan semua SMK dalam satu yayasan di Jakarta sudah diwisuda akhir Mei 2008 lalu," jelasnya.

Sementara, H. Hartono menyebutkan, yayasannya ingin menerapkan pembangunan tujuh mental bagi tiap siswa sekolahnya, diantaranya disiplin, kerjasama, visioner, peduli, kasih sayang, adil dan tanggungjawab. "Kita bangun siswa dengan mental tersebut, kita bekali mereka dengan 'skill'. Dengan begitu mereka akan memiliki kemampuan berstandar nasional yang dibuktikan dengan sertifikasi dan kemampuan teknik. Saya harap, siswa bisa dua bahasa Inggris dan Arab yang merupakan bahasa Internasional ke dua, terutama lapangan pekerjaan di Negara Timur Tengah sangat memadai untuk lulusan Ristek," katanya. Dan dia juga mengharapkan lulusan yang soleh dan solehah menghormati kedua orang tuanya dan membalas jasa guru-guru yang telah membawa mereka pada pengetahuan dunia. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan