Camat Tirtajaya Lantik Pjs Kepala Desa

Friday, July 11, 2008



TIRTAJAYA, RAKA - H. Timan Sukirman Kades Tambak Sumur, Kecamatan Tirtajaya akhirnya dengan sukarela menyerahkan jabatan kepada Pjs Kades Dadan Gandara yang sebelumnya menjabat Kaur Ekbang. Pelantikan berlangsung di Aula Kecamatan Tirtajaya, Jumat (4/7) sekitar pukul 09.00 WIB langsung dilakukan oleh Camat Wawan Setiawan.

Selain Desa Tambak Sumur, Camat Tirtajaya Wawan Setiawan juga melantik Pjs Kades Tambak Sari Bunyamin sebelumnya menjabat Kaur Pemerintahan menggantikan Arum Saepullah HL. Sementara empat desa lagi, yaitu Srijaya, Medan Karya, Pisang Sambo dan Kutamakmur, rencananya akan dilaksanakan pelantikan Pjs pada pertengahan bulan ini. Sedangkan Desa Sumur Laban telah dilantik Pjs pada Maret 2008 karena Kepala Desa Alm. Jakam meninggal karena sakit dan Alm. Jakam ini termasuk Kades 179.

Kata camat, khusus untuk dua desa ini merupakan contoh bagi rekan-rekan desa lainnya, dengan lengsernya kedua mantan kades ini bisa menjadi contoh yang baik dengan ketulusannya menyerahkan jabatan kepala desa. Diakui camat, memang suatu keputusan tidak selalu menyenangkan semua pihak, ada yang diuntungkan dan ada yang dirugikan. Mantan kades yang ikhlas meletakan jabatannya ini, mudah-mudahan bisa diikuti desa 179 lainnya.

Camat merasa bangga dan sangat salut dengan kedua mantan kepala desa yang secara langsung menyerahkan estafet kepemimpinan. Sejak proses pengajuan Pjs oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beberapa hari lalu, mereka selalu hadir bahkan mendukung proses Pjs itu tanpa memiliki rasa dongkol jabatannya akan dicabut. "Tarik ulur itu wajar, tapi tahapan pengusulan Pjs kades berjalan baik. Ini patut dicontoh dan ditiru oleh desa lainnya, karena meski kades bertahan pun tetap saja semuanya akan meletakan jabatannya, sebab ini sudah diatur. Dan pada Pjs yang sudah dilantik, jabatan ini bukan untuk mengembangkan diri, jangan mengira jabatan ini enak, tapi harus bisa menggemban tugas yang sangat berat ini dengan sebaik-baiknya," jelasnya.

Usai pelantikan, mantan Kades Tambak Sumur, H. Timan menyatakan, dengan pelantikan Pjs ini memberi contoh pada desa-desa lain yang sulit di-Pjs-kan, karena memang jabatan ini bukan milik pribadi. Dan semua ini sudah diatur oleh undang-undang, kalau habis masa jabatan, mau tidak mau harus berbaik hati dan menerima lengser. Diharapkannya, Pjs bisa melakukan tugas dengan baik, karena jabatan yang diemban ini adalah amanah, masih banyak pekerjaan yang belum selesai, intinya aparat desa harus betul-betul melayani masyarakat.

"Ini dibuktikan oleh saya. Kalau hanya baik di pemerintahan tapi tidak baik di masyarakat maka akan jadi kendala dan tidak ada artinya, saya sudah dua kali mempimpin di Desa Tambak Sumur dan berharap pada pimpinan-pimpinan seterusnya lebih bagus dibanding saya sehingga masyarakat merasa puas," katanya.

Pjs Kades Tambak Sari Bunyamin mengungkapkan, dia senang dengan jabatan ini meski beresiko karena memang tanggungjawabnya besar, terutama tentang pelayanan masyarakat dan menghadapi pelaksanaan pembagian dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi keluarga miskin. Kata Bunyamin, saat ini pihaknya sedang melakukan perencanaan matang dan mendata perubahan penerima BLT supaya pada pelaksanaan nanti tidak kisruh. Di desa ini, penerima BLT tercatat sekitar 1.075 kepala keluarga. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan