Jalan Pedesaan Banyak yang Masih Rusak

Wednesday, October 29, 2008

BATUJAYA, RAKA - Sepanjang 6 km jalan di Desa Segarjaya, Kecamatan Batujaya sering terjadi kecelakaan dimusim hujan ini. Pasalnya, jalan tersebut masih batuan dan tanah yang menyebabkan jalanan licin. Tak terhitung satu dua motor yang jatuh, bahkan hingga puluhan motor terpeleset dalam satu hari. Namun begitu, mereka hanya mengalami luka ringan, seperti kejepit motor dan tergores.
 
 
Seorang warga setempat, Misan menceritakan, sejak beberapa tahun ini jalan di desanya lolos dari pengawasan Pemda Karawang, artinya hingga kini tidak pernah diperbaiki. "Bahkan kalau hujan besar, semua pelajar di desa ini akan mogok pergi sekolah, karena memang jalan di desa ini tidak bisa dilalui karena rawan kecelakaan akibat licin," ucapnya kepada RAKA, Selasa (28/10) siang.
 
 
Di tempat terpisah, Kades Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya, Naja Nurjaya bahkan menganggarkan dana raksa desa untuk perbaikan jalan di lingkungan desanya. Mengingat, jalan di desanya sudah lama rusak. Jalan tersebut merupakan akses vital untuk ativitas masyarakat, terutama bagi petani setempat.
 
Kata Naja, pada perbaikan jalan itu pihaknya memberdayakan tenaga warga setempat, termasuk BPD dan LPM. "Kami mengharapkan dukungan dari berbagai pihak. Dan kami masih menunggu bantuan dari Pemkab Karawang agar secepatnya memperbaiki jalan-jalan lain yang kondisinya masih rusak," ucapnya.
 
Dia menjelaskan, kondisi jalan sepanjang Desa Teluk Buyung hingga Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya termasuk jalan Desa Segarjaya, Kecamatan Batujaya rusak parah. Sampai sekarang warga setempat masih menunggu perbaikan jalan tersebut, mengingat aktivitas warga tergantung kelayakan akses jalan.
 
Sementara itu, Ketua BPD Telagajaya, Sardi Sihabudin mengatakan, secepatnya jalan tersebut harus diperbaiki karena termasuk sarana publik, terutama bagi petani setempat. "Sarana di desa kami, ingin disejajarkan dengan masyarakat di desa-desa lainnya. Selama ini sudah banyak para anggota dewan dan pejabat Pemkab Karawang berkunjung ke desa ini, tapi upaya mereka belum merealisasikan kepentingan kami," ujarnya.
 
Meski begitu, pihaknya bersama desa merencanakan akan menganggarkan dana raksa desa untuk perbaikan sarana jalan. Sementara, dana raksa desa yang telah turun hanya cukup untuk perbaikan jalan di Kampung Wagir, Desa Telagajaya sepanjang 400 meter dengan batuan kapur dan sirtu. Pekerjanya adalah satuan pelaksana Desa Telagajaya. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan