Kerja Bakti 2 Desa Menghadapi Musim Tanam Padi dan Banjir

Monday, November 17, 2008

CILEBAR, RAKA - Dua kepala desa, Pusakajaya Utara Warman Abdurahman dan Pusakajaya Selatan Mintra Hendra, Kecamatan Cilebar kompak mengerahkan aparat desa dan warganya membersihkan saluran sekunder Randu sepanjang 4 km yang menghubungkan dua desa tersebut, Sabtu (15/11) pagi pukul 07.00 WIB.
 
Dijelaskan Warman, sesuai intruksi bupati, air dari hulu akan mulai digelontorkan pada 18 Desember 2008 untuk area persawahannya. Menghadapi hal itu, dia berkoordinasi dengan Mintra untuk membersihkan saluran utama di dua desa tersebut. Saat ini memang air belum dibutuhkan, mengingat beberapa petak sawah sedang panen. Tepatnya, pada pertengahan Desember 2008 nanti petani di dua desa ini akan mulai tanam.
 
Sawah yang diairi saluran sekunder Randu ini mencapai 650 hektar, meliputi 380 hektar persawahan di Desa Pusakajaya Selatan dan sisanya sawah di Desa Pusakajaya Utara. Sepanjang saluran sekunder antara Kampung Cikunir, Pusakajaya Selatan hingga Kampung Krajan, Pusakajaya Utara, sekitar 50 aparat desa dan masyarakat turun ke saluran dan mengangkat tumbuhan air yang membuat laju air lambat dan kadang menghambat sampah yang mengalir diatasnya.
 
"Kebutuhan kita sama, sama dan lokasi yang perlu dibersihkan pun sama. Untuk itu kita sengaja melaksanakan kerja bakti. Sebelum kerja bakti ini, seminggu lalu kita sudah saling koordinasi dan mengagendakan Sabtu sebagai hari tepat untuk kerja bakti, karena di hari Sabtu kita punya luang," ucap Warman di tengah kesibukannya bersama aparat desa dan warga yang sibuk membersihkan saluran sekunder.
 
Hal senada dikatakan Mintra Hendra, pada masa tanam padi musim ini air untuk persawahan terbilang cukup. Namun begitu, dia tetap mengambil langkah antisipasi pembenahan semua saluran air supaya laju air lancar saat dibutuhkan. Pembenahan saluran air ini pun tidak menutup kemungkinan untuk mencegah banjir. "Memang untuk saluran tersier belum kita jamah, karena masih panen. Pembenahan saluran sekunder ini supaya saluran lancar. Setelah saluran utama ini bersih, selanjutnya pembenahan saluran tersier diteruskan oleh masing-masing desa," katanya. (spn)
 

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan