Rob Masih Jadi Ancaman Bagi Warga Sarakan

Monday, November 17, 2008

Niman dan keluarganya.
 
 
TIRTAJAYA, RAKA - Hingga kemarin, air pasang laut (Rob) masih menerjang pemukiman di Dusun Sarakan, RT 16/06, Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya. Seperti dialami keluarga Niman (30), rumahnya doyong akibat diterjang ombak dan tiupan angin kencang. Menghidari ambruk, nelayan satu anak menurunkan sebagian genting rumahnya.
 
"Sejak pertama air pasang laut terjadi (Senin (10/11), red) rumah saya terendam dan tampak mau ambruk, kemudian pada hari Jumat kemarin saya menurunkan sebagian genting supaya atapnya tidak berat, karena tiang-tiang rumah terlihat tidak kuat menahan beban," ujarnya.
 
Selain air pasang laut dan tiupan angin kencang, Niman bersama anak-istrinya harus rela kehujanan karena atapnya terbuka. Meski demikian, Niman hingga kemarin masih tetap bertahan di rumahnya itu, menunggu kepastian Pemda Karawang menyiapkan relokasi pemukiman baru bagi dia dan tetangganya. "Saya ingin pindah pak, saya juga takut jika harus tinggal lama disini," ucapnya.
 
Diketahui, air pasang laut atau bahasa kelautannya di sebut 'rob' mulai membanjiri pesisir pantai Karawang, termasuk pesisir pantai Jakarta dan Laut Jawa sejak Senin (10/11) lalu. Rob ini datang memuncak sekitar pukul 09.00-11.00 WIB, setelah Dzuhur, Rob kembali surut dan kembali datang di keesokan harinya pada jam yang sama. Sejak Senin minggu lalu, Rob kian hari semakin besar, hingga Senin (17/11) kemarin banjir itu masih melanda warga Sarakan.
 
Dilihat, beberapa rumah di dusun ini diikat tambang besar, ini dimaksudkan supaya rumah bambu tersebut tidak ambruk saat ditiup angin kencang yang biasanya datang pada malam hari. Di dalam rumah mereka, sudah tidak tampak rapih, semua perabotan rumah tangganya basah. Sepertinya, tidur pun tidak akan nyenyak jika disekeliling rumah di dusun ini riuh angin dan ombak besar. Mirip seperti tidur dalam perahu yang kena badai. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan