TKW dari Tirtajaya Meninggal di Arab

Saturday, November 29, 2008

TIRTAJAYA, RAKA - TKW (Tenaga Kerja Wanita), Iis (35) warga Dusun Kedung Asem, Desa Srikamulyan, Kecamatan Tirtajaya meninggal di Arab Saudi 2 hari lalu di Rumah Sakit Saudi Arabia. Almarhum yang memiliki tiga anak itu berangkat ke Arab sebagai babu 22 bulan lalu.
 
Kades Srikamulyan, Rusdi Kasurkaya menjelaskan, informasi warganya yang meninggal di Arab Saudi itu berawal dari kedatangan pihak PT sebuah penyalur tenaga kerja, Rabu (26/11) malam, ke kediaman Rusdi. Pihak penyalur tenaga kerja itu memberitahukan Iis Binti Alek meninggal dunia di Arab Saudi. Meski belum diketahui pasti, Iis meninggal dunia disebabkan gagal ginjal dan sakit pernapasan.
 
"Malam kemarin saya kedatangan tamu dari PT penyalur tenaga kerja yang memberitahukan ada warga di desa ini yang meninggal di Arab Saudi. Mereka memperlihatkan dokumen-dokumen Iis yang meninggal di salah satu rumah sakit karena penyakit gagal ginjal dan pernapasan, tapi saya tidak mengerti isi dokumen tersebut, karena menggunakan huruf Bahasa Arab," katanya.
 
Diakuinya, pada malam itu juga, setelah petugas dari PT penyalur tenaga kerja pulang, dia ditemani kepala dusun Kedung Asem menyampaikan berita duka cita itu langsung ke rumah keluarga Iis. Namun, sebelum menyampaikan pesan itu, Rusdi dan kadusnya mengajak keluarga Iis berbincang-bincang, karena kades tidak ingin membuat kaget keluarga almarhum. Tapi, tetap saja isak tangis keluarga Iis tak tertahankan setelah Rusdi mengatakan Iis meninggal dunia di tengah pergulatan ekonomi untuk keluarganya di Arab Saudi.
 
Kata Rusdi, setelah dia menyampaikan berita duka cita tersebut, dia pun pesan dari petugas PT tenaga kerja yang menawarkan kepada pihak keluarga korban untuk pemakaman jasad Iis, apakah mau dianter ke kampung halaman atau disemayamkan di Arab Saudi. Dan pihak keluarga memilih untuk mengebumikan Iis di Arab Saudi. Ketika menyampaikan berita duka cita, kades memberikan titipan dari PT tenaga kerja sebesar Rp 1 juta sebagai uang 'bela sungkawa' terhadap keluarga korban
 
Sementara, PT tenaga kerja tersebut berjanji akan memberikan sisa uang gaji Iis sebesar 6000 real secepatnya. Dihitung-hitung, selama 22 bulan di Arab Saudi, Iis telah memiliki uang gaji yang dikumpulkan sebesar Rp 22 juta. Namun, beberapa waktu lalu Iis telah mengirimkan uang Rp 9 juta ke tetangganya. (spn)
 

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan