Pilkades 8 Desa Tirtajaya Akan Gelar Pilkades

Thursday, August 28, 2008






*Jadwal Kampanye 25 - 27 Agustus




JAYAKERTA, RAKA - Sebanyak delapan desa di Kecamatan Tirtajaya akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serempak pada 30 Agustus mendatang. Bahkan jadwal kampanye juga telah ditetapkan selain pembagian tanda gambar yang dilakukan di kantor kecamatan tersebut Jumat (22/8).






Camat Jayakerta, Wawan Setiawan ketika dikonfirmasi perihal pembagian tanda gambar terhadap masing-masing calon kades mengatakan pengambilan tanda gambar tersebut sengaja dipusatkan di kantor kecamatan dengan alasan efektifitas waktu. "Yang melatar belakangi pengambilan tanda gambar yang dipusatkan di kantor kecamatan ini dilakukan dengan alasan efisiensi waktu. Selain keterbatasan personil keamanan," katan camat.






Selain alasan efisiensi waktu, Wawan juga menjelaskan hal itu dilakukan agar pengawasannya lebih mudah. Terlebih dengan keterbatasan petugas kecamatan, polsek maupun koramil. "Dengan keterbatasan personil seperti saat ini paling tidak bisa mengcover delapan desa yang mengelar pemilihan kepada desa tersebut," terang Wawan.






Sementara disinggung penetapan jadwal kampanye masing-masing calon kades, dikatakan Wawan, hal itu juga sudah ditetapkan yakni tanggal 25, 26 dan 27 Agustus. Sedang waktu kampanyenya disepakati berlangsung sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. "Pemilihan jadwal dan waktu kampanye saya masukan dalam kegiatan positif dan bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Jadi agar tidak mubazir karena intinya kampanye ini menarik simpatik, malah jika hura-hura mengurangi simpatik masyarakat. Memang harusnya membuat kegiatan yang manfaat," jelasnya.






Sedangkan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), hari ini diharapkan masuk ke kecamatan dan pihak kecamatan bisa menentukan menganai surat pindah antar desa yang sedang pilkades. Juga, kecamatan punya kewenangan menolak DPT jika diragukan. Hal ini bertujuan agar tidak ada satu warga pun yang mencoblos pilkades di dua desa atau lebih. Ini merupakan proaktif Muspika Tirtajaya. "Pada prinsipnya, kita semua mengacu pada aturan administrasi kependudukan," jelasnya. Berdasarkan pantauan RAKA pengambilan tanda gambar di Kantor Kecamatan Tirtajaya, meski tidak berlangsung ricuh namun sempat membuat lalu lintas di depan kantor tersebut macet total.






Pasalnya, saat pengambilan tanda gambar tersebut masing-masing calon kades membawa serta pendukung dan simpatisannya. Sementara itu, tanda gambar yang dibagikan masing-masing Desa Sambo, Een (duren), Ento (jagung) dan Jamat (jambu). Desa Bolang Jaenudin (jagung), Rojali (durian). Desa Gempol Karya, Nurjaman (duren) , Naban (jagung), Acep (jambu). Medan Karya, Umbara (jagung), Arkim (durian), Guproni (jambu). Tambaksari, Arum (jagung), Wawan (durian). Sumur Laban, Tamin (durian), Gapur (jagung). Tambaksumur, Leles Lesmana (durian) , Dadan (jagung). Dan Desa Srijaya Durahman (durian), Mulyadi (jagung). (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan