Petani Bendung Sungai Bembang 8 Ribu Karung

Sunday, October 19, 2008

 
 
Memenuhi Kebutuhan Air Sawah
 
TIRTAJAYA, RAKA - Untuk mengairi persawahan di Desa Srikamulyan, Srijaya, Tambaksumur dan Desa Kutamakmur, Kecamatan Tirtajaya, Sungai Bembang dibendung 8000 karung tanah. Bendungan ini menghabiskan dana swadaya masyarakat sebesar Rp 15 juta. Mengingat pentingnya bendungan tersebut bagi pertanian, Camat Tirtajaya, Drs. H. Wawan Setiawan sudah hitung-hitung untuk membangun bendungan permanen di saluran pembuang tersebut.
 
Bendungan ini lokasinya di Dusun Ciwaru, Desa Srikamulyan, sungai yang memiliki lebar sekitar 20 meter dan kedalaman 4-5 meter itu diarug warga selama beberapa hari. Dana operasionalnya dari saku Desa Srikamulyan, Desa Srijaya dan dari kocek para petani. Bendungan ini akan dipugar kembali setelah kebutuhan bercocok tanam padi usai. Dan jika dibutuhkan lagi untuk mengairi sawah, maka sungai ini akan kembali dibendung.
 
"Makanya pada anggaran tahun 2009 ini kita ajukan untuk bangun bendungan buka-tutup. Saat ini, kita baru tahap membendung atas partisipasi masyarakat sambil nungggu dana APBD II turun. Pembangunan bendungan itu, hitung-hitung mencapai Rp 600 juta. Kemungkinan, kita akan ambil biaya pembangunan itu dari pagu kecamatan sebesar Rp 1 miliar," katanya kepada RAKA, Rabu (15/10) siang di ruang kerjanya.
 
Sementara itu, Kades Srikamulyan, Rojali mengungkapkan, diketahuinya bendungan itu sudah enam kali bongkar pasang sejak beberapa tahun lalu, tujuannya untuk mengangkat debit air dan mengairi persawahan di Desa Srijaya dan sekitarnya. Lokasi bendungan, akunya, sudah ditetapkan di Dusun Ciwaru. "Selama ini petani sangat menggantungkan diri pada bendungan itu, makanya kita galang dana untuk membendung sungai," ujarnya.
 
Hal senada dijelaskan Kades Srijaya, Durahman Hamied, bendungan itu telah mampu mengairi sebanyak 100 hektar dari 360 hektar sawah di desanya. Selebihnya, sawah di desa ini mengambil air sekunder yang mengalir dari Desa Gempol Karya dan Sumur Laban. "Bagaimanapun, petani sangat membutuhkan air yang dihasilakan dari Sungai Bembang, makanya kalau tidak dianggarkan kabupaten, kami akan mengajukan ke provinsi, mengingat naik-turunya produksi pertanian di daerah kita diantaranya persediaan air yang cukup. Sudah 20 hari tanam ini, sawah di Desa Srijaya cukup," ujarnya. (spn)
 
 
 
"Sholat adalah jawaban kehidupan"
e-mail ini dikirim via Nokia 9300
0856 9130 9644
sholat5waktu@yahoo.co.id
Asep Saepudin Hasan (spn)
Reporter RADAR KARAWANG
www.apoedcyber.blogspot.com
www.geocities.com/apoedcyber
"Halal itu pintu keridhoan Allah.
Dengan halal, hidup akan bahagia.
Subhanallah...pantaslah orang beriman
memilih yang halal"

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan