Akibat Banjir, Kerugian Tiap Desa Ratusan Juta Rupiah

Tuesday, January 20, 2009

Durahman dan warganya yang mengungsi di aula desa, kemarin.
 
 
TIRTAJAYA, RAKA - Pasca banjir akibat tanggul Sungai Citarum yang jebol, menyisakan duka bagi semua warga yang rumahnya terendam. Meski belum ada data otentik, kerugian tiap desa diperkirakan ratusan juta hingga miliaran rupiah. Di Desa Srijaya, Kecamatan Tirtajaya, kerugian diperkirakan Rp 600 juta-an.
Kepala Desa Srijaya, Durahman mengatakan kepada RAKA, kemarin, sebelum tanggul Sungai Citarum jebol, warga Desa Srijaya, Kecamatan Tirtajaya sudah melakukan evakuasi ke diaula desa. Sehari setelah tanggul jebol, pemukiman di desa ini terendam banjir hingga 70. Selain di aula desa, sejumlah 142 KK mengungsi ke gedung SMPN 2 Jayakerta. Sebelum air jebolan tanggul Citarum merendam pemukiman, air mengalir melalui ratusan hektar sawah yang sedang tahap penyemaian dan merendam yang dilaluinya.
 
Diakuinya, banjir di yang melanda desanya tahun ini ini tidak separah tahun lalu. Hampir empat dusun yang terendam, diantaranya Dusun Gulampok, Dusun Cicau, Dusun Poncol dan Dusun Ciwelut, ketinggian air sekitar 1 meter. Jika saja banjir Citarum ditambah hujan besar berhari-hari, maka korban akan lebih banyak. "Ketika hujan dan tanggul Citarum jebol, warga sudah antisipasi dan menunggu air datang," ujarnya.
 
Kata Durahman, setelah air surut dia akan melihat banyak kerusakan yang dialami warganya, termasuk fasilitas jalan yang telah diperbaikinya dari dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) sepanjang 1,5 km, juga jalan umum yang dihotmix pemerintah pun hancur terkelupas. (spn)
 
 

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan