Semua Masyarakat Harus Dapat Tunjangan Kesehatan Gratis

Saturday, January 3, 2009

Tono Bahtiar (kiri) bersama warga Pedes.
 
 
RENGASDENGKLOK, RAKA - Sudah saatnya, seluruh masyarakat Kabupaten Karawang mendapat asuransi kesehatan penuh dari pemerintah. Saat ini, yang bisa masuk rumah sakit gratis hanya keluarga miskin yang tercatat di BPS (Badan Pusat Statistik), belum menyeluruh dan memang pemerintah belum menjamin kesehatan semua masyarakat, terutama yang dirawat di rumah sakit.
 
Demikian kata anggota DPRD fraksi PDIP Karawang, H. Tono Bahtiar kepada RAKA, Jumat (2/1) siang. Menurutnya, pemerintah bisa menggratiskan pembiayaan rumah sakit dari dana 'roll sharing' sebanyak 40 persen anggaran APBN pusat dari jumlah kebutuhan Rp 100 miliar. Sebanyak 35 persen dari APBD Provinsi Jawa Barat dan dari APBD Kabupaten Karawang sebesar 25 persen, artinya Pemda Karawang hanya menganggarkan Rp 25 miliar untuk kesehatan gratis semua masyarakat.
 
"Bagaimana caranya supaya masyarakat bisa berobat di rumah sakit swasta dengan kartu gakin. Dan sudah seharunya RS Proklamasi Rengasdengklok ditunjuk pemerintah untuk menerima semua pasien gakin. Inilah yang menjadi 'PR' kita yang belum rampung. Saya berusaha agar warga setempat bisa berobat gratis dengan kartu gakin, meski di rumah sakit swasta," katanya.
 
Kata Tono, dari jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki jaminan kesehatan dari pemerintah termasuk gakin yang terdata, sisanya harus diterima semua masyarakat. Masyarakat ini nantinya harus diasuransikan juga dalam Jaringan Kesehatan Masyarakat Karawang. Jadi, tidak ada perbedaan masyarakat miskin dan non miskin, semuanya mendapat asuransi kesehatan yang sama.
 
"Dengan begini, maka masyarakat akan tenang. Setiap warga yang masuk rumah sakit, apalagi gakin yang tidak menerima Jamkesmas, tidak perlu cemas lagi, tidak perlu memikirkan harus jual apa di rumah untuk biaya pengobatan di rumah sakit," ucapnya.
 
Dia juga mengatakan, selama ini dari PDIP dan masyarakat umum telah terbentuk Relawan Tono Bahtiar (RTB), yaitu warga yang mendukung dirinya mencalonkan kembali sebagai wakil rakyat di DPRD Karawang. Relawan yang dibentuk oleh pendukungnya ini, memiliki keinginan untuk mengemban amanat rakyat, yang kemudian disampaikan pada wakil rakyat. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan