Kades Berantas Hama Tikus, Petaninya Tidak Ikut

Thursday, November 27, 2008

RENGASDENGKLOK, RAKA - Kemarin, giliran Kepala Desa Dewisari, Kecamatan Rengasdengklok, M. Aning Anwar Arifin memburu hama tikus bersama aparat desa dan dibantu anak-anak sekolah dasar. Perburuan hama tikus ini serangkai dengan kegiatan kebersihan di desa tersebut untuk menghadapi musim hujan, diantaranya mengantisipasi penyakit demam berdarah. Namun, pada perburuan tikus ini, para petani tidak ikut.
 
Pada perburuan hama tikus, terhitung sekitar 800 ekor tikus diberantas. Teknik memburunya yaitu dengan cara memasukan air kedalam lubang sarang tikus, pada saat air membanjiri sarang tersebut, tikus-tikus berhamburan keluar sarangnya. Namun, beberapa pentungan sudah dipegang kuat-kuat untuk menyambut tikus saat keluar dari lubang. Hasilnya, sebagian besar tikus mati berserakan di sawah.
 
Diketahui, Desa Dewisari mempunyai area sawah seluas 174 hektar. Musim kemarin, produksi padi di desa ini berhasil hingga 6 ton/hektar. Dengan begitu, Kades Aning menghimbau kepada para petani agar ikut serta dalam segala kegiatan yang menyangkut pertanian di desanya, diantaranya pemberantasan hama tikus, perbaikan saluran tersier dan membersihkan sampah eceng gondok pada saluran-saluran irigasi. "Ini kita lakukan untuk kepentingan petani," ujarnya.
 
Kendati demikian, Kades Aning menyayangkan pada saat pemberantasan hama kemarin, tidak satu pun petani sxetempat hadir untuk ikut memberantas tikus sawah. Padahal, pada kegiatan ini yang paling berperan adalah para petani, karena pemberantasan hama sawah dengan mengerahkan semua aparat desa dan anak-anak sekolah dasar ini adalah untuk kepentingan petani supaya produksi padi pada panen mendatang bisa lebih baik.
 
Meski begitu, Aning berharap jangan ada kesan aparat desa kurang peduli terhadap hama sawah tikus. Diakuinya, sebelum pelaksanaan memberantas hama tikus, dia sudah membuat pengumuman terbuka dan tertulis yang isinya mengajak para petani dan masyarakat untuk bersama-sama memberantas hama tikus di sawah. (spn)
 

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan