Panwaslu Kabupaten Seleksi Calon Anggota Panwaslu Kecamatan

Thursday, November 6, 2008

Emay Ahmad Maehi dan Hadis Herdiana
 
 
RENGASDENGKLOK, RAKA - Panwaslu (Pengawas Pemilihan Umum) dan KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Kabupaten Karawang melakukan 'fit and proper test' bagi Panwaslu tiap daerah pemilihan. Rabu (5/11) siang, bagian Dapil III yang melakukan test, diantaranya Kecamatan Kutawaluya, Rawamerta, Rengasdengklok dan Jayakerta di aula Kecamatan Rengasdengklok.
 
Secara keseluruhan, calon Panwaslu untuk Dapil III yang mengikuti test sebanyak 16 orang. Test tertulis di tiap Dapil ini dilakukan sejak Senin (3/11) dimuali Dapil I yaitu Karawang Barat, Karawang Timur, Teluk Jambe Barat, Teluk Jambe Timur, Tegal Waru dan Pangkalan. Dapil II diantaranya, Kecamatan Klari, Purwasari, Majalaya dan Ciampel. Dapil IV yaitu Kecamatan Batujaya, Pedes, Tirtajaya, Cibuaya, Cilebar dan Kecamatan Pakisjaya.
 
Kemudian, untuk Dapil V diantaranya Kecamatan Kota Baru, Cikampek, Jatisari, Banyusari dan Kecamatan Tirtamulya. Dan Dapil VI diantaranya Kecamatan Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Telagasari, Tempuran dan Kecamatan Lemah Abang. Jadwal pelaksanaan 'fit and proper test' calon anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Karawang dilaksanakan tiap hari berturut-turut.
 
Sekertaris Pokja Panwaslu Kabupaten Karawang, Hadis Herdiana mengatakan, 'fit and proper test' di setiap Dapil ini merupakan rentetan seleksi anggota Panwaslu tiap kecamatan. Setelah seleksi administarsi dilaksanakan oleh KPUD Karawang, sedangkan tes tulis dilimpahkan ke Panwaslu Kabupaten "Kami masih mempunyai kewajiban untuk menuntaskan penyeleksian Panwaslu ini sampai ketingkat desa yaitu pengawas lapangan, setelah semuanya resmi dilantik baru kami membuatkan tembusannya secara tertulis ke KPU tingkat Propinsi," ucapnya.
 
Ketua KPUD Karawang, Emay Ahmad Maehi mengatakan, Panwaslu adalah bagian dari penyelenggara. Jadi, selain KPU ada elemen lain yang jadi penyelenggara proses pemilu tahun 2009. Dan segala teknis Panwaslu memiliki wewenang pengawasan dan lainnya selama proses pemilu. "Pada keesempatan ini kita bersama KPU hadir di kecamatan, karena kita masih sebagai Pokja Panwas kecamatan. Dan semoga saja pemilu 2009 di Kabupaten Karawang tercipta satu kondisi yang baik dengan semua pihak. Dan harapan partisipasi masyarakat pada saat pemilu diharakan bisa berjalan baik," katanya.
 
Diakuinya, selama ini belum ada persoalan krusial, karena KPU telah melaksanakan tahapan dengan baik. Bicara soal kegagalan Panwaslu di Rengasdengklok pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat bulan lalu, dikatakan Emay, pihaknya belum bisa memprediksikan kegagalan serupa pada pemilu 2009. "Belum tahu, semoga saja tidak terulang lagi. Memang idealnya, dengan tambahan personil semua masyarakat (yang memiliki hak pilih, red) harus terdata semuanya," jelasnya. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan