Camat Jayakerta Sebar Karung Untuk Bendung Tanggul Citarum

Saturday, January 17, 2009

Tanggul Sungai Citarum di Desa Kampung Sawah, warga mengamati air luapan sungai.
 
 
JAYAKERTA, RAKA - Camat Jayakerta, Drs. H. Hamdani menyebarkan ribuan karung ke beberapa titik desa untuk tanggul-tanggul Citarum yang rawan jebol, Rabu (14/1) pagi. Ini untuk antisipasi banjir karena Sungai Citarum sudah mulai meluap sejak Rabu dini hari. Karung itu untuk mengarug tanggul yang disodet sebagai lintasan perahu penyeberangan eretan ke Bekasi.
 
Kemarin, camat memberikan masing-masing 500 karung untuk tanggul di Desa Kampung Sawah dan 1000 karung untuk Desa Medang Asem. Sejumlah karung itu sudah diisi tanah oleh aparat desa setempat dan diletakan di tanggul-tanggul lintasan penyeberangan perahu eretan. "Sodetan tanggul itu dilakukan perajin batu bata dan pekerja perahu eretan. Ketika sungai meluap, saung-saung perajin batu bata itu terendam, tapi sodetannya tetap terbuka sehingga menjadi pekerjaan kita untuk menutupnya kembali," ujarnya saat meninjau langsung lokasi tanggul Sungai Citarum.
 
Diketahui, sepanjang Sungai Citarum, banyak sodetan-sodetan tanggul yang digunakan warga sebagai jalan menuju perahu eretan. Sehingga, jika Sungai Citarum meluap, sodetan tersebut harus dibendung menggunakan karung tanah. Sementara, pekerja perahu eretan menghentikan pekerjaannya, mengingat jarak penyeberangan Sungai Citarum menjadi panjang dan arusnya pun deras.
 
Dengan demikian, para pekerja perahu eretan tidak berani beroperasi sampai Sungai Citarum surut, kecuali perahu eretan yang berukuran besar seperti di Tugu Bojong Rengasdengklok, mereka tetap beroperasi meski Sungai Citarum meluap dan arusnya deras.
 
Dijelaskan Hamdani, dia mengerahkan semua aparat desa untuk mengantisipasi banjir dari luapan Sungai Citarum. Sejumlah karung itu dari Bina Marga dan PJT II Rengasdengklok. Di Medang Asem, 1000 karung tersebut disebar di enam titik di tanggul-tanggul yang disodet untuk jalan setapak menuju perahu eretan. "Semua aparat desa dibagi tugas untuk mengantisipasi banjir," ujarnya. (spn)
 
 

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan