Jalan Bedeng Dipaku Beton

Tuesday, July 29, 2008



RENGASDENGKLOK, RAKA - Dinas Bina Marga Karawang kembali memperbaiki Jalan Raya Bedeng, Kecamatan Rengasdengklok. Kini, perbaikannya menggunakan paku beton di sepanjang 120 meter pinggir jalan tersebut.

Sebanyak 40 paku beton itu ditancapkan untuk menahan tanah jalan agar tidak bergeser dan menyebabkan jalan amblas seperti yang sering terjadi. Pelaksana Teknis Bina Marga Rengasdengklok H. Adang menjelaskan kepada RAKA, Senin (28/7) siang.

Jalan Bedeng itu sudah kokoh setelah beberapa bulan lalu tanahnya digilas batuan sekaligus dipasak pakai kayu-kayu gelondongan. Paku beton yang kini sedang dilakukan hanya untuk menahan jalan itu supaya tanahnya tidak 'sleding' atau longsor ke sungai. "Setelah perbaikan sebelumnya jalan ini tidak lagi longsor, tapi kita tetap membuat penahan yang kuat dengan paku beton, agar jalan itu tidak amblas lagi," katanya.

Diketahui, jalan ini selalu rusak bahkan hotmix sering patah akibat tanahnya labil dan amblas kebawah. Bahkan pemborong jalan ini terbilang rugi, karena hanya tiga bulan setelah perbaikan, jalan ini kembali rusak. Meski ditutup batuan dan tanah diatasnya, jalan sepanjang 120 meter ini tetap saja selalu amblas. Untuk itu, saat ini Bina Marga Karawang mengambil jalan final dengan memaku pinggiran jalan yang langsung menyentuh saluran air sekunder ini dengan paku beton dengan masing-masing bobotnya sekitar 2 ton.

Jalan sepanjang 120 meter ini pernah dijadikan saluran sekunder yang mengairi persawahan di Kecamatan Pedes dan Kutawaluya. Itu dilakukan ketika pemerintah sedang memperbaiki bendungan saluran air yang menghubungkan saluran induk dan sekunder. Setelah pekerjaan bendungan selesai, saluran sekunder itu kembali ditutup dan diarug. Setelah banyak dilalui kendaraan, jalan yang sempat dipotong untuk saluran air ini selalu amblas, karena di dalamnya masih banyak mengandung lumpur yang tidak mampu menahan bobot berat kendaraan.

Sementara itu, jika jalan Bedeng sudah dinyatakan stabil dan tidak lagi amblas, maka dalam waktu cepat Bina Marga Karawang akan kembali menyulam jalan itu dengan hotmix. "Percuma dihotmix kalau kondisi tanahnya labil, kita akan lihat, sampai sejauh mana ketahanan jalan ini, kalau terbukti sudah kuat, baru kita akan hotmix," kata Adang. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan