BLT Gagal Cair Awal Agustus 2008

Saturday, August 23, 2008




Ribuan Gakin Pedes Mengaku Kecewa

PEDES, RAKA - Ribuan keluarga miskin (gakin) di Kecamatan Pedes kembali menelan kekecewaan menyusul tertundanya kembali pengucuran dana bantuan langsung tunai (BLT) di Kabupaten Karawang. Padahal sebelumnya beredar informasi dana tersebut bakal cair pada awal Agustus ini.

Ungkapan kekecewaan itu dilontarkan sejumlah warga desa di kecamatan tersebut. Seperti dikemukakan Wangsih (28) warga Dusun Pedes I, Desa Payungsari, Kecamatan Pedes, Selasa (5/8). Ibu enam anak ini mengaku kecewa setelah tahu dana bantuan langsung tunai yang ditunggu-tunggunya ternyata gagal dikucurkan.
"Tadinya saya pikir dana itu cair bulan Agustus ini. Kalau dana itu turun kan bisa saya belikan minyak tanah dan kebutuhan pokok lainnya," ungkap Wangsih yang juga buruh tani di dusunnya. Diakui Wangsih, selama ini dia menutupi kebutuhan dapurnya dari hasil menjadi buruh tani.

Sementara suaminya bekerja secara serabutan. Dan itupun belum tentu setiap hari mendapat pekerjaan. "Suami saya dapat uang harian kalau ada kerjaan, tapi kalau tidak ada yang nyuruh, kami tidak punya duit," katanya. Sehingga dengan kondisi seperti itu otomatis pekerjaan yang ditekuni Wangsih menjadi tiang rumah tangga dikeluarganya.

"Kalau tidak kesawah yang dari mana bisa beli beras," kata Wangsih. Demikian sulitnya kehidupan Wangsih. Sehingga anak pertamanya berhenti sekolah dasar dua tahun lalu saat duduk di kelas dua lantara tidak punya biaya. Dan anak keduanya kini duduk di kelas dua sekolah dasar, sedangkan anak ketiga hingga keenam masih kecil dan belum sekolah. Terlebih rumahnya kecil dan reyot, ukuranya pun kecil hanya 4x2 meter, di dalamnya satu kamar tanpa ruang dapur khusus. Tidur dan masak tumplek dalam satu ruang.

Hal serupa dialami mertuanya, Awik (67) dia tinggal dalam rumah bilik dengan ukurannya lebih kecil dibanding mantunya Wangsih. Rumah yang berlantai tanah itu tidak memiliki apapun kecuali hanya sekedar tempat tidur. Begitupun dengan beberapa rumah lain disekitarnya, di lingkungan ini kehidupan dan ekonomi masayarakat hampir serupa, semuanya tergolong dalam keluarga miskin yang hanya bertumpu pada bantuan pemerintah.

Camat Pedes, Drs. Ade Sudiana ketika dikonfirmasi menjelaskan, data verifikasi desa sudah masuk ke kantor Kecamatan Pedes dan sudah disampaikan ke kantor Pos Karawang untuk dicetak kartunya. Tercatat penerima BLT di kecamatan ini sebanyak 10.186 kepala keluarga (KK). Hingga kemarin, camat masih belum mengetahui tanggal pencairan dana itu dan masih dalam proses. "Saya harap warga bersabar, pencairan dana ini sedang dalam proses," katanya. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan