SMPN 2 Jayakerta Dibangun

Saturday, August 23, 2008




*Terkait Pembangunan Unit Sekolah Baru

JAYAKERTA, RAKA - Gedung-gedung sekolah yang telah dibangun secara estafet oleh Pemerintah Karawang merupakan program pendidikan berkelanjutan yang dibiayai pemerintah dan digunakan oleh masyarakat.

Demikian Kasubag Pengedalian Pembangunan Dalprog Kabupaten Karawang, Momon S Pradja saat dia meninjau unit sekolah baru (USB) SMPN 2 Jayakerta, Rabu (6/8) siang. "Saya hanya memantau, kita lebih menekankan pada ke pengawas Cipta Karya untuk melihat fisik bangunan. Dan saya titip pada pihak sekolah dan komite agar gedung yang telah dibangun ini dirawat," katanya.

Di tempat sama, Pembina OSIS SMPN 2 Jayakerta Cacan S.Pd menjelaskan, sekolah SMPN 2 Jayakerta yang lokasinya di Kampung Pawanda, Desa Medang Asem, Kecamatan Jayakerta, sudah lama diharapkan guru-guru SD dan masyarakat Desa Medang Asem dan Cipta Marga. Karena sebelumnya SMPN ini kelas jauh dari SMPN 1 Jayakerta, waktu itu siswa masih numpang belajar di SD-SD setempat. Kini, dengan bangunan baru, sekolah yang dulunya kelas jauh ini telah mandiri dan kedepannya akan lebih leluasa mengembangkan siswa didik dengan segala fasilitas sekolah yang dimiliki.

Sebelumnya, SMPN 2 Jayakerta telah memiliki 4 ruang kelas baru, kini telah membangun tiga kelas baru lagi diatas lahan yang dimiliki 10.219 meter persegi. Lahan seluas ini tiap tahun akan terus dibangun kelas dan ruang belajar lainnya. Sedangkan, jumlah siswa kelas 1 sekitar 330, kelas 2 sebanyak 220, kelas 3 sekitar 212.
Menyikapi pernyataan Momo, Cacan menyatakan akan menjaga gedung sekolah ini sebaik-baiknya. "Apalagi saya sebagai deklalator sekolah ini bersama rekan-rekan guru lainnya, SMPN 2 Jayakerta ini seperti milik sendiri. Saya ucapkan terima kasih pada Pemda Karawang yang sudah merealisasikan dan peduli terhadap pendidikan," ungkapnya.

Pada Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ini masyarakat setempat sempat pesimis, diduga minat sekolah ke SMPN 2 Jayakerta ini sangat minim. Apalagi masyarakat mengetahui, sebelum memiliki gedung di Dusun Pawanda ini, siswa SMPN 2 Jayakerta belajar selonjoran di lantai di sekolah dasar yang belum memiliki kursi-meja. Namun, hasilnya memuaskan, banyak lulusan SD yang mendaftar ke sekolah ini.

Selain itu, pihak SMPN 2 Jayakerta ini mengupayakan jika tiga kelas baru telah selesai, maka semua siswanya bisa masuk pagi, mengingat proses belajar mengajar siang hari waktunya sempit. "Namun, saya harapkan ada respon dari pemerintah setempat untuk membuat jalan setapak dari jalan raya menuju sekolah bagi akses siswa. Dan pembuatan jalan itu merupakan program terakhir kami," ujarnya.

Pembangunan tiga kelas tambahan ini dari dana APBD tahun 2008 yaitu sekitar Rp 186 juta, diperkirakan pekerjaanya hanya memakan waktu sebulan sejak 28 Juli 2008. Dan pada tahun mendatang, berencana akan mendapat 3 kelas lagi, dengan fasilitas ruang kantor, lab, mushola, perpustakaan dan toilet sekaligus towr beton untuk air bersih, termasuk alat tulis sekolah. (spn)

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang berita ini? komentar berita Secara otomatis, komentar yang ditulis akan masuk pada dinding Facebook Anda.
 
 
 
 
Copyright © BeritaKarawang.com | Space iklan logo Rp 200 ribu sebulan
Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 085691309644, beritakarawang@gmail.com | Asep Saepudin Hasan